EFEKTIVITAS INQUIRY BASED LEARNING DAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGKLASIFIKASI KETENAGAKERJAAN

Main Article Content

Khoirun Nisa
Margunani Margunani

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada guru, menjadikan siswa hanya menerima konsep jadi dari guru. Akibatnya, siswa hanya menghafal tanpa memahami konsep tersebut, sehingga siswa mudah lupa. Inquiry Based Learningdan media gambar menjadi alternatif pembelajaran student centered yang akan diuji cobakan dalam penelitian ini, dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keefektifannya dibanding metode ceramah.Penelitian ini menggunakan desain True Experimental Pretest-Posttes Control Group dengan objek penelitian siswa kelas XI IPS MAN 1 Semarang. Kelas XI IPS 3 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Data diambil melalui dokumentasi, observasi dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan paired sample t test pada H1dan independent t test pada H2.Hasil penelitian diperoleh bahwa kelas eksperimen yang diajar menggunakan pembelajaran Inquiry Based Learning dan media gambar meningkat dari rata-rata 38,69 menjadi 78,45. Kefektifan pembelajaran Inquiry Based Learning dan media gambar dibuktikan dengan capaian ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen yang mencapai 79,3% yang artinya mampu melebihi target ketuntasan yang diharapkan sekolah, sekaligus nilai rata-rata kelas eksperimen yang jauh lebih tinggi yaitu  78,45 sedangkan  rata-rata kelas kontrol sebesar 70,37.Kesimpulanya terjadi peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen, dan peningkatan tersebut menunjukkan angka lebih tinggi dibandingkan capaian minimal yang diharapkan sekolah dan kelas kontrol sehingga disimpulkan metode Inquiry dan media gambar mampu meningkatkan hasil belajar dan lebih efektif dibandingkan metode konvensional berupa ceramah. Saran dari penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan metode Inquiry Based Learning dan media gambar sebagai upaya mengatasi kejenuhan pembelajaran dikelas.

Teacher centered learning, make the students only accepted the instant concept from teacher. Finally, students to be memoried only without understanding this concept, so student are easily forget. Inquiry Based Learning and images media is the alternatives student centered that will be tested in this study, with the aim to determine the improvement of learning outcomes and effectiveness than the konventional method.This study uses a design True Experimental Pretest-Posttes Control Group. The objects study are students of class XI IPS MAN 1 Semarang. Class XI IPS 3 is defined as an experimental class and class XI IPS 1 as the control class. Data gained through documentation, observation and tests. Testing hypothesis use a paired sample t test at the H1 and independent t test at H2.The result  of the study is experiment class with Inquiry Based Learning and images media is increase average the achivement from 38,69 to 78,45. The  reason of Effectiveness Inquiry Based Learning and images is the completeness result performance of experiment class isr 79,3%, the meaning it higher than performance school targeting, all at once the average experiment class higher than  control class which average result experiment class is 78,45 and average result control class is 70,37.In conclusion, there is an increase in learning outcomes in the experimental class, which indicates the number is higher than performance schol targeting and control class, so  that concluded Inquiry methods and imagesmediais can increase achivement and more effective than a convensional methode. Suggestions from this study teacherare expected can apply the method Inquiry Based Learning and images media in as the efort to overcome boredom learning in class.

Article Details

How to Cite
Nisa, K., & Margunani, M. (1). EFEKTIVITAS INQUIRY BASED LEARNING DAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGKLASIFIKASI KETENAGAKERJAAN. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/9996
Section
Articles

References

Chiang, Tosti H. C. 2014. An Augmented Reality-based Mobile Learning System to Improve Students’ Learning Achievements and Motivations in Natural Science Inquiry Activities. Journal Of Educational Technology and Society. Volume 17 No 4. Pages 352–365. Yuan: National Central University.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: PT Insan Madani.

Ibrahim dan Nana Syaodih S. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jogiyanto. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis. Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Yogyakarta: BPFE UGM.


Lasmawan, Widiantara, A.G. dan Wayan, Suarni. 2013. Determinasi Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP N 3 Singaraja. Volume 3. Singaraja: Universitas Ganesha.

Matthew , Bakke M. And Igharo O.K. 2013. A Study On The Effects Of Guided Inquiry Teaching Method On Students Achievement In Logic. Volume 2 No. 1. pages 133-140. Nigeria: University Of The Gambia.

Nurmala, Arwin A dan Berti Y. 2015. Pengaruh Metode Socratic Dan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Vol 2. No 2 Hal 5-7. Lampung: Universitas Lampung.
Nurwati, Tri. 2011. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Diklat Produktif Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas Xi Pemasaran Smk Negeri 02 Purworejo Semester Genap Tahun 2010/2011. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 No.2. Hal 193-205. Yogyakarta: UNY.

Prastowo, Andi. 2014. Memahami Metode-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praksis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rohani, Ahmad. 2014. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2013. Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Santoso, Jarot Tri. 2013a. Evaluasi Pembelajaran. Semarang: YSBJ Kanthil.

----- Jarot Tri. 2013b. Strategi Pembelajaran Akuntansi. Semarang: YSBJ Kanthil.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Wardani Fitria, dkk. 2013. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi.Pontianak: UNTAN.

Wilar, Rikardo., Henry J.D Tamboto dan Consuslasia Korompis. 2013. Penerapan Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Tomohon. Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume I No. 1. Manado: Universitas Negeri Manado.

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.