ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS MATA PELAJARAN EKONOMI SMA KELAS X BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATAUAN PENDIDIKAN ( KTSP ) DI KABUPATEN SEMARANG

Main Article Content

Koeri Ulinuha
Joko Widodo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku teks ekonomi SMA kelas X yang digunakan di  Kabupaten Semarang sudah memenuhi standar   kelayakan isi buku teks  ekonomi menurut BSNP. Dan manfaat penelitian ini dapat memilih dan mempertimbankan dalam memilih buku teks pelajaran untuk refrensi belajar baik pihak siswa, guru dan pihak sekolahPenelitian ini dilakuakan terhadap isi buku teks pelajaran yang dianalisis secara kualitatif. Sehingga penelitian ini disebut penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penelitian yang di gunakan adalah adalah teknik triangulasi. Analisis buku teks ekonomi untuk SMA kelas X melibatkan 5 orang penilai, yaitu 5 guru ekonomi. Dari 5 SMAN yang mengunakan buku teks pelajaran ekonomi dengan pengarang Alam S. dan penerbit Esis.  Teknik pengumpulan data dengan lembar   penilaian buku   teks ekonomi dari BSNP dan menggunakan teknik wawancara terhadap dua guru ekonomi untuk memperkuat hasil dari penilaian dari buku teks ekonomi kelas X.Data yang diperoleh  dalam penelitian  ini  berupa hasil penilaian yang berupa skor penilian dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa buku ekonomi SMA Kelas X karangan Alam S. yang digunakan di Kabupaten Semarang sudah   memenuhi standar  kelayakan isi  menurut BSNP.  Buku teks ekonomi untuk SMA Kelas X karangan Alam S.  dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran ekonomi di SMA kelas X. Selain itu, perlu diadakan penelitian lebih    lanjut  untuk menganalisis buku teks ekonomi lain yang digunakan di Kabupaten   Semarang..

The purpose of this research was to know whether textbooks high school economics class X used in Semarang Regancy already meet the standards of eligibility of the contents of the textbook economics according to BSNP. Analysis of economic text books for high school classes X involves 5 persons appraisers, i.e. 5 economics teacher. From 5 SMAN using textbook economics lessons with author and Publisher Alam S.  Esis.. Data collection techniques scoring sheet with the textbook economics of BSNP and use interview techniques against two teachers to reinforce the economic results of the assessment of economic text book of class X. Data obtained in this research in the form of the results of the assessment in the form of a score of penilian and the results of the interview. The results showed that the book analyzed included in the criteria of good and decent earnings are used with percentage average score on components the suitability of the material to the curriculum, at the component scope of material, accuracy on the component material and in supporting learning material components. Based on the results of the analysis it can be concluded that the book high school economics Class X bouquet Alam S. used in Semarang Regancy already meet the standards of eligibility of the contents according to BSNP. Economic textbooks for high school class X Alam S. bouquet can be used as a learning resource in economic studies in high school class X. In addition, the need for further research to analyze the economic text books used in Semarang Regancy. It is intended to find out the quality of economic textbooks used in schools.

Article Details

How to Cite
Ulinuha, K., & Widodo, J. (1). ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS MATA PELAJARAN EKONOMI SMA KELAS X BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATAUAN PENDIDIKAN ( KTSP ) DI KABUPATEN SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/9997
Section
Articles

References

Alam, S. 2007. Ekonomi Untuk SMA dan MA Kelas X . Jakarta : Esis
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidika nDasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Banowati, Eva. 2007. Buku Teks dalam Pembelajaran di Kota Semarang. Jurnal Geografi, 4(2): 147-158. Tersedia dihttp://journal.unnes.ac.id/index.php/JG/article /download /106/108 [diakses 9-03-2015].
Basrowi , & Suwandi, 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: RinekaCipta.
Depdiknas. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas] Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan MenteriPendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Fajar, Arnie. 2009. Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Fattah, Nanang. 2009. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Kurniasih, Imas. 2014. Buku Teks Pelajaran Sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya : Kata Pena
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2011. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Muslich, Masnur. 2010. Textbook Writing, Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.