PERBEDAAN SELF EFFICACY SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI SMP NEGERI 1 BOYOLALI DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN BIMBINGAN BELAJAR

  • Risma Puji Astuti Gedung A1 Lantai 2 FIP UNNES
  • Edy Purwanto Gedung A1 Lantai 2 FIP UNNES
Keywords: self efficacy, tutoring, students junior high school.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolali, yang kemudian terbagi menjadi dua kelompok yaitu mengikuti bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar. Jumlah sampel yaitu sebanyak 100 siswa. Untuk memperoleh sampel yang representatif, maka kelompok siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar diambil sejumlah 50 siswa dengan teknik simple random sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala self-efficacy yang terdiri dari 26 aitem. Skala self-efficacy mempunyai koefisien validitas aitem antara 0.315 sampai dengan 0.707 dan koefisien reliabilitas sebesar 0.924 Metode analisis data menggunakan teknik komparasi T-Test Two Independent Sample dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows diperoleh nilai t = 6,230 dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada self-efficacy siswa dalam menghadapi ujian nasional antara siswa yang mengikuti bimbinngan belajar dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Self-efficacy siswa dalam menghadapi ujian nasional yang mengikuti bimbingan belajar lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar.

 

This study is a comparative quantitative study. The population of this study is the eighth grade students of Junior High School 1 Boyolali, which is then divided into two groups to join and not join the tutoring. Total of samples is 100 students. To obtain a representative sample, the group of students who not joining the tutoring 50 students were taken by simple random sampling technique. The data were taken using the self efficacy scale consisted of 26 item. Self-efficacy scale has a coefficient of item validity between 0.315 to 0.707 and a reliability coefficient of 0924. Methods of data analysis using comparative technique T-Test Two Independent Sample with SPSS 16.0 for Windows was obtained value of t = 6.230 with a significance value of 0.000 (p <0.05), the results showed that there were significant differences in students' self-efficacy in facing national examination among students who joining tutoring with students who not joining the tutoring. Self-efficacy of students who joining the tutoring higher than students who not joining the tutoring.

References

Afifah, Riana. 2013. Soal UN 2013 Juga Berbeda Antarkelas.

http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/10/12574641/Soal.UN.2013.Juga.Berbeda.Antarkelas [diakses 6 Juni 2013]

------------ 2013. Angka Kelulusan UN Tahun Ini 99,48 Persen. http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/24/08265868/Angka.Kelulusan.UN.Tahun.Ini.99.48.Persen [diakses 6 Juni 2013]

------------ 2013. Mau Sukses UN, Intip Caranya... http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/04/18462357/Mau.Sukses.UN.Intip.Caranya [diakses 6 Juni 2013]

Akuntono, Indra. 2013. JK: UN Tingkatkan Minat Belajar Siswa. http://edukasi.kompas.com/read/2013/09/26/1753411/JK.UN.Tingkatkan.Minat.Belajar.Siswa [diakses 5 Oktober 2013]

Alwisol. 2009. Psikologi Keribadian. Malang: UMM Press.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Astria, Tita. 2006. Hubungan antara Self Efficacy dengan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA Negeri 2 Ciamis. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Azwar, Saifudin. 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, Albert. 1997. Self Efficacy: The Excercise of Control. New York:

W. H Freeman and Company.

Baron, Robert A, Donn Byrne. 2003. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Elliott, Stephen N, Thomas R. Kratochwill, Joan Littlefield, John F.

Travers. 1999. Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. Singapore: McGraw Hill Book.

Feist, Jess, Gregory J. Feist. 2011. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Fitri, Riana, Elfida, Diana. 2008. Konstribusi Self Efficacy Terhadap

Kecemasan Menghadapi Ujian Pada Siswa. Jurnal Psikologi, Vol. 4 No.

Risma Puji Astuti / Educational Psychology Journal 3 (1) (2014)

Riau: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Kushartanti, Anugrahening. 2009. Perilaku Menyontek Ditinjau Dari Kepercayaan Diri. Jurnal Psikologi. Indigenous Jurnal Ilmiah Berkala

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pervin, A Lawrence, Daniel Cervone, Oliver P. John. 2005. Personality – Theory and Research. United States of America: John Wiley & Sons.

Prastiwi, Novitasari Dwi. 2013. Konstruksi Sosial Peserta Didik Pada Lembaga Bimbingan Non-Formal. Paradigma, Vol. 01 No. 01.

Pudjiastuti, Endang. 2012. Hubungan “Self Efficacy” dengan perilaku Mencontek Mahasiswa Psikologi. Mimbar, Vol. XXVIII, No.1 (Juni, 2012):103-112.

Purwanto, Edy. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rini, Harfiahana Puspa. 2013. Self Efficacy dengan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Online Psikologi, Vol. 01, No. 01.

Santrock, John. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Smet, Bart. 1994. Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT Grasindo.

Sudjana. 2004. Pendidikan Nonformal. Bandung: Falah Production.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarrya.

Warsito, Hadi. 2004. Hubungan antara Self Efficacy dengan Penyesuaian Akademik dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi, Vol. 14, No. 2. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran.

Winarno, Ahmad. 2014. Hadapi UN, 15 Siswa di Jember Alami Depresi Berat. http://regional.kompas.com/read/2014/04/1

/1607575/Hadapi.UN.15.Siswa.di.Jember.Alami.Depresi.Berat [diakses 16 April 2014]

Published
2014-10-15
Section
Articles