KONSEP DIRI AKADEMIK MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BIDIK MISI JURUSAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

  • Yusuf Prasetyo Hadi Gedung A1 Lantai 2 FIP UNNES
  • Tri Esti Budiningsih Gedung A1 Lantai 2 FIP UNNES
Keywords: Academic Self-Concept, Student Scholarship Recipients Shutter Mission.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa penerima beasiswa bidik misi Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 66 orang. Penelitian ini menggunakan total sampling yang berjumlah 66 mahasiswa penerima beasiswa bidik misi. Data penelitian diambil menggunakan skala konsep diri akademik, dengan jumlah item 36 yang valid dengan koefisien alpha cronbach reliabilitasnya sebesar 0,921. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan metode statistik deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar atau 63,6 persen (42 orang) menyatakan dirinya memiliki konsep diri akademik pada kategori tinggi. Sedangkan yang termasuk dalam kriteria sedang sebesar 28,7 persen (19 orang), dan kriteria rendah sebesar 7,7 persen (5 orang). Dari tiga dimensi konsep diri akademik yang diteliti, yaitu dimensi pengetahuan individu mengenai dirinya sendiri, pengharapan individu mengenai dirinya sendiri, dan penilaian individu mengenai dirinya sendiri berada pada kategori yang tinggi.

 

This research is descriptive quantitative research. The population in this study is the mission of grantees viewfinder Department of Psychology, State University of Semarang, amounting to 66 people. This study uses total sampling totaling 66 grantees mission viewfinder. The data were taken using academic self-concept scale, the number of valid 36 items with a Cronbach alpha reliability coefficient of 0.921. Data analysis methods used are descriptive data analysis with descriptive statistical methods percentages.The results showed that most or 63.6 per cent (42 people) claimed to have academic self-concept in the high category. While the criteria are included in the 28.7 per cent (19 people), and a low of 7.7 percent criterion (5 people). Of the three dimensions of academic self-concept were investigated, namely the dimension of the individual's knowledge of himself, the individual expectations of himself, and the assessment of the individual himself is in the high category.

References

Azwar, S. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

-----------. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

-----------. 2009. Tes Prestasi. 2009. Tes Prestasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Yusuf Prasetyo Hadi / Educational Psychology Journal 3 (1) (2014)

Abdillah, R. 2011. Perbedaan Konsep Diri Akademik Antara Siswa Sma Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta Dan Smk Diponegoro Yogyakarta. Skripsi. Malang : UIN Malang

Baharuddin. 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembnagan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Hadi, S. 2004. Statistik Jilid 2. Yogyakarta : Andi Offset.

Hurlock, E B, 1996. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa : Wasana. Jakarta: Erlangga

Chaplin, J.P. 2001. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Tegeh. 2006. Teknik Analisis Data. (online) (http://eprints.undip.ac.id/24056/3/BAB_III.pdf di unduh pada tanggal 30

Pudjijogjanti, C. R. 1985. Konsep Diri dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penelitian Unika Atmajaya.

Puspitasari, C.2006. Pengaruh Konformitas Kelompok dan Konsep Diri Akademik terhadap perilaku mencontek pada mahasiswa psikologi FIP UNNES Tahun ajaran

/2004 samapai 2005/2006. Skripsi.Semarang: Jurusan Psikologi, Universitas Negeri Semarang

Santrock. 2003. Life Span Development. Dallas : Brown and Benchmark Inc.

Sommerfeld, M. C., dan Watson, C. M. 2000. Academic Self Efficacy and Self Concept: Differential Impact on Performance Expectations.(online)

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R & D. Bandung: Penerbit ALFABETA.

Wijaya, T.W.2008.Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Perilaku Devian Siswa di SMP Negeri 3 PURWOREJO Klampok Tahun pelajaran 2007/2008.Skripsi.Semarang: urusan Psikologi, Universitas Negeri Semarang.

http://bidikmisi.dikti.go.id/portal/ (Diunduh 27 Mei 2012)

http://www.unnes.ac.id (Diunduh 27 Mei 2012)

http://www.indopos.co.id/2014/02/ipk-turun-penerima-bidik-mi

Published
2014-10-14
Section
Articles