PENGARUH MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA DI SMK NEGERI 1 PLUPUH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Uswatun Khasanah
Wulansari Prasetyaningtyas

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap keaktifan belajar siswa dan seberapa besar pengaruhnya terhadap keaktifan belajar siswa. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran Membuat Pola.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara motivasi ekstrinsik terhadap keaktifan belajar siswa. Hasil perhitungan uji linearitas menunjukkan bahwa F hit = 1,665 dan F tab = 2,828 untuk taraf signifikansi 5 %, dengan demikian F hit < F tab sehingga persamaan regresi Y atas X berbentuk garis linear. Pada hasil perhitungan uji signifikansi menunjukkan bahwa F hit = 28,20 dan  F tab = 4,225 untuk taraf signifikansi 5% dengan demikian F hit > F tab sehingga regresi Y atas X adalah signifikan  sehingga “motivasi ekstrinsik berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa”. Hasil perhitungan menghasikan persamaan regresi Ŷ = -33,606 + 0,757 X. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi ekstrinsik yang diberikan guru semakin tinggi pula keaktifan belajar siswa.  Hasil perhitungan Koefisien Determinasi adalah sebesar 0,52. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi ekstrinsik memiliki kontribusi sebesar 52 % dalam mempengaruhi keaktifan belajar siswa sedangkan 48% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##