EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN PEMBUATAN STRAPLESS SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 JAMBU

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rina Fitrianingsih
Musdalifah Musdalifah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media video dan mengetahui efektivitas video sebagai media pada proses pembuatan strapless. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, desain penelitian yang digunakan Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII sejumlah 56 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, maka siswa kelas XII BB2 dipilih sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji gain, dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 70.41 dan nilai rata-rata posttest adalah 84.69, hal ini berarti hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14.28, dan besar rata-rata uji gain termasuk dalam kriteria sedang yaitu sebesar 0.48 atau 48%. Berdasarkan paparan di atas, dengan penggunaan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pembuatan strapless kelas XII SMK Negeri 1 Jambu.

The aim of this study is to find out the video media validity and to find out the effectiveness of video as a learning media in the process of making strapless. The kind of this study was the experimental study, the research design which was used was Pre-Experimental Design with the design model One-Group Pretest-Posttest Design. The population in this research was all of the XII graders, 56 students. Sampling method was conducted by using random sampling simple technique, so the XII graders of BB2 was chosen as a sample research. The collecting data methods that were used were test, quetionnaire, documentation, and observation. While, the analyzing methods that were used were normality test, homogenity test, T test, gain test, and efectiveness test. The result of the research shows that the pretest average score from the experimental class is 70.41, and the posttest average score 84.69, it means that there is the increasing result of study that is 14.28, and average of gain test is included into middle criteria that is 0.48 or 48%. According to the explanation above, the using of video media can increase the result of students’ study in the lesson of making strapless for the XII graders of Jambu State Vocational High School.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Izzudin, Ahmad Maulana. 2013. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Service Engine dan Komponen-komponennya.
Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.