ANALISIS LEVEL OF SERVICE (LOS) DALAM MENGANTISIPASI KEMACETAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN SIG DI JALAN UTAMA KECAMATAN KOTA KENDAL

  • Rima Dipahada Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
  • Satyanta Parman Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
  • Saptono Putro Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Keywords: Level of Service ( LOS ), Traffic Congestion, GIS.

Abstract

Tingkat pelayanan (level of  service) suatu ruas jalan adalah perbandingan antara volume lalu lintas dan kapasitas jalan. Pada kecepatan tinggi, volume lalu lintas pasti rendah, sebaliknyapada volume tinggi, kecepatan akan menurun. Analisis tingkat pelayanan jalan atau Level Of Service(LOS)  dalam  penelitian  ini  adalah  Jalan  Soekarno-Hatta,  Jalan  Pemuda,  Jalan  Raya  KendalSemarang, dan Jalan Raya Kendal-Jakarta. Salah satu sistem pemantau peningkatan penggunaantransportasi dan peningkatan jumlah kendaraan yaitu dengan menggunakan Sistem InformasiGeografis  (SIG). SIG  dalam  penelitian  ini  digunakan  sebagai  alat  bantu.  Di Jalur Jalan UtamaKecamatan Kota Kendal terdapat 4 halte, 4 titik lokasi traffict light dan 3 jalur pelayanan angkutan kota.  Tingkat  Pelayanan  Jalan Level  Of  Service (LOS)  di  Jalan  Utama  Kecamatan  Kota  Kendal berdasarkan 4 titik lokasi yang telah dilakukan, tertinggi berada pada jalan Raya Kendal-Semarang dengan nilai 0,981 SMP memasuki kelas E. Tingkat Pelayanan Jalan terendah berada pada jalan Pemuda  dengan  nilai  0,445  SMP  memasuki  kelas  B. Simpulannya  adalah  kemacetan  di  jalan utama Kecamatan Kota Kendal kebanyakan terjadi pada jam-jam sibuk berangkat maupun pulang kerja,  banyaknya  bus  dan  angkutan  kota  yang  berhenti  tidak  pada  tempatnya  menyebabkan terjadinya  kemacetan.  Saran  atau  alternatif  untuk  mengntisipasi  terjadinya  kemacetan  adalah dengan menertibkan bus dan angkutan kota agar tidak berhenti di tepi jalan dan penggunaan jalur alternatif.

 

Service level ( level of service ) of a road is the comparison between traffic volume and road capacity . At high speeds , traffic volume is definitely lower , otherwise at high volume , the speed will decrease . Analysis of the level of service roads or Level of Service ( LOS ) in this study is Soekarno- Hatta Road , Road Building, Road Kendal - Semarang and Jakarta - Kendal Road . One of the monitoring sistem and the increased use of transport is increasing the number of vehicles using the Geographic Information Sistem ( GIS ) . GIS is used in this study as a tool. At the Main Street Line City District Kendal there are 4 stops , 4 points and 3 locations traffict light path of urban transportation services . Road Service Levels Level of Service ( LOS ) in the Main Street District of Kendal Town 4 points based on the location that has been done , the highest being at Kendal -Semarang highway with a value of 0.981 junior enters the class E. Road Service lowest level is at street youth with a value of 0.445 entering junior class B. The conclusion is congestion on the main road Kendal Sub City mostly occurs at peak hours left and came home from work , the number of bus stops and public transportation are not in place causing congestion . Suggestions or alternatives to mengntisipasi is to curb congestion and city transport buses that do not stop at the edge of the road and the use of alternative pathways

Author Biographies

Rima Dipahada, Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Program Studi Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang
Satyanta Parman, Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Program Studi Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang
Saptono Putro, Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Program Studi Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang
Section
Articles