EFEKTIVITAS BRT (Bus Rapid Transit) TRANS SEMARANG SEBAGAI MODA TRANSPORTASI DI KOTA SEMARANG

  • Endhar Gilang Pradipta Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
  • Suroso Suroso Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
  • Erni Suharini Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Keywords: Effectiveness, Mode of Transportation, BRT Trans Semarang

Abstract

Di Kota Semarang memiliki moda transportasi massal yaitu Bus Rapid Transit (BRT) Trans-Semarang yang beroperasi sejak tahun 2010. Diharapkan mampu mengurangi pertumbuhan kendaraan pribadi di Kota Semarang. Permasalahan yang dikaji adalah: Sudah efektifkah BRT Trans-Semarang sebagai moda transportasi di Kota Semarang? Berdasarkan permasalahan di atas, maka rumusan tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui efektivitas BRT trans-semarang sebagai moda transportasi di Kota Semarang. Penelitian ini mengambil lokasi di Kota Semarang yaitu di dalam BRT dan disepanjang jalan yang menjadi rute BRT. Populasi dan sampelnya adalah keseluruhan bus dan halte BRT. Metode yang digunakan adalah survey, observasi dan wawancara kepada penumpang BRT. Setelah mensurvay bus da halte kemudian mendata dengan metode checklist, setelah itu discoring selanjutnya di uji validitasnya dengan data pertumbuhan kendaraan pribadi sebelum dan setelah ada BRT untuk mengetahui efektivitasnya untuk mengurangi pertumbuhan kendaraan pribadi di Kota Semarang Dalam hasil penelitian ini, moda transportasi BRT yang ada di Kota Semarang dinyatakan efektif. karena BRT di Kota Semarang mampu mengurangi angka pertumbuhan kendaraan pribadi di wilayah yang dilewati/ menjadi rute BRT Koridor 1 dan 2. Keefektivan BRT itu karena BRT sudah terintegrasi, memiliki tempat pemberhentian khusus yang nyaman, pendapat penumpang yang menyatakan BRT sudah aman, nyaman dan tarifnya terjangkau.

 

In the city of Semarang have mass transportation is Bus Rapid Transit (BRT) Trans-Semarang operating since 2010 Expected able to reduce the growth of private vehicles in the city of Semarang. The problems studied were: Already effective BRT Trans-Semarang as a mode of transportation in the city of Semarang? Based on the above problems, the formulation of the objectives of this study were: to determine the effectiveness of trans-Semarang BRT as a mode of transportation in the city of Semarang. This study took place in the city of Semarang in the BRT and road along the BRT route. Population and sample are overall BRT buses and bus stops. The method used was a survey, observation and interview to the BRT passengers. After mensurvay da bus stop and then record the checklist method, after the next discoring in test validity with the data growth of private vehicles before and after BRT to determine its effectiveness to reduce the growth of private vehicles in the city of Semarang   In this study, the BRT mode of transportation in the city of Semarang is declared effective. for BRT in the city of Semarang is able to reduce the rate of growth of private vehicles in the region that is passed / into the BRT Corridor 1 and 2 The effectiveness of the BRT because BRT is integrated, have a comfortable place special stops, passengers expressed opinion of the BRT was safe, convenient and charge affordable

Author Biographies

Endhar Gilang Pradipta, Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Suroso Suroso, Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Erni Suharini, Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Published
2014-12-26
Section
Articles