IMPLEMENTASI PENGUATAN KARAKTER MANDIRI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS V SD NEGERI 3 BATURAGUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yuli Khoirinnida
Izzatin Naili Rohmah
Wawan Shokib Rondli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi karakter mandiri dalam pembelajaran tematik masa pandemi Covid-19 di kelas V SD Negeri 3 Baturagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran tematik masa pandemi Covid-19 untuk mengembangkan karakter mandiri di kelas V SD Negeri 3 Baturagung diwujudkan dalam RPP yang disusun secara sistematis dan berbasis karakter dengan memasukkan karakter mandiri pada setiap komponen dalam RPP; 2) Pengembangan karakter mandiri pada pembelajaran tematik masa pandemi Covid-19 dilakukan melalui kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup; dan 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter mandiri yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendeketan Praktik. Rineka Cipta.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. LAMPUHYANG, 11(2), 13–25. https://doi.org/https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194

Dalyono, B., & Dwi Lestariningsih, E. (2016). IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. In Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora (Vol. 3, Issues 2, Oktober). https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/865

Iryanti, V. E., & Lestari, W. (n.d.). TEXTUAL STUDY OF SANDUL PERFORMANCE CANDIGARON VILLAGE SUMOWONO DISTRICT SEMARANG REGENCY.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 Di Sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 7–13. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7927

Marshall, C., & Rossman, G. B. (2016). Designing Qualitative Research (SIXTH). SAGE Publications, Inc.

Miles, M. B., & Miles, M.B. & Huberman, M. a. (1994). Qualitative Data Analysis An Expended Sourcebook (Second Edi). SAGE Publications.

Onde, M. L. ode, Aswat, H., B, F., & Sari, E. R. (2020). INTEGRASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) ERA 4.0 PADA PEMBELAJARAN BERBASIS TEMATIK INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 4(2), 268–279. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I2.321

Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V2I1.2

Prasetyo, D., Marzuki, M., & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. Harmony : Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 4(1), 19–32. https://doi.org/10.15294/HARMONY.V4I1.31153

Seni, P., Aktif, T., & Kreatif, I. D. A. N. (2015). Pembelajaran Seni Tari: Aktif, Inovatif Dan Kreatif. Catharsis, 4(2), 115–122.

Winataputra, U. S. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan Moral Pancasila. In Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran PKn (2nd ed., pp. 1.1-1.36). Universitas Terbuka.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142