MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI MELALUI PEMBELAJARAN SUBTEMA HARI RAYA AGAMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Annisa Laela Putri
Widianti Nurohmah
Tin Rustini
Muh. Husen Arifin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap toleransi melalui pembelajaran hari raya agama, sebagaimana yang telah kita ketahui Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduknya menganut berbagai macam agama dan Indonesia juga merupakan negara yang pluralisme. Untuk menjaga pluralisme tersebut maka sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga sikap toleransi agar tidak timbulnya perpecahan. Sekait dengan hal diatas, agar sikap toleransi tetap terjaga maka harus ditanamkan sejak usia dini mengingat perkembangan anak erat kaitannya dengan proses mengenal dan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriftif dan menggunakan metode studi literatur. Sumber data yang diperoleh merupakan studi keperpustakaan yakni jurnal dan artikel ilmiah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

PNEVE, U. (2000). Belajar Untuk Hidup Bersama dalam Damai dan Harmoni.

Arifin, H. (2021). Internalisasi Keberagaman Budaya dengan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.

Astuti, D. (2017). Implementasi Nilai Hormat Dan Santun Dalam Pendidikan Karakter Oleh Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Riau : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Digdoyo, E. (2019). Kajian Isu Toleransi Beragama, Budaya, Dan Tanggung Jawab Sosial Media. Kajian Isu Toleransi Beragama, Budaya, Dan Tanggung Jawab Sosial Media, 3(1), 42–59.

Kahfi, M. (2018). Penanaman Sikap Toleransi Beragama Melalui Pembelajaran Sejarah Materi Islamisasi di Indonesia Pada Siswa SMA Negeri 12 Semarang Tahun 2017/2018. Universitas Negeri Semarang.

Lestari, S. (2020). KETERAMPILAN SIKAP TOLERANSI ANAK USIA 5-6 TAHUN.

Lisanti, G. H. (2013). Membangun Nilai Toleransi Siswa Melalui Metodethink Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SD Negeri Deresan. Fakultas Ilmu Pendidikan - Universitas Negeri Yogyakarta.

Ngaziz, M. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Dengan Tema Pariwisata Pada Kelas II MI Ma’arif Sukun 1 Malang. Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial - Universitas Negeri Semarang.

Simamarta. (2019). Dalam Penelitian. Pengembangan Instrumen Penialian Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. In Jurnal Basicedu (Vol. 3).

Syam, N. (2009). Belajar Untuk Hidup Bersama dalam Damai dan Harmoni. Yogyakarta: Kanisius.