PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DIKALANGAN ANAK SEKOLAH DASAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sefhiana Andara
Zulfa Ishmah Rahadatul Aisy
Tin Sutini
Muh. Husen Arifin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan media sosial oleh siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa menggunakan media sosial untuk aktualisasi diri dan visualisasi, (2) frekuensi mengakses media sosial tergantung pada kepemilikan gadget dan fasilitas yang tersedia, (3) dampak positif penggunaan media sosial adalah mempermudah komunikasi antara murid dan guru, sebagai sarana belajar dan mencari sumber referensi belajar. Di sisi lain, dampak negatif dari penggunaan media sosial adalah kecanduan siswa terhadap konten negatif. (5) Peran sekolah dan kebijakan kepala sekolah yang mengikuti perkembangan pendidikan saat ini memungkinkan pemanfaatan tersebut dengan menekankan peran guru sebagai pengawasan dan pengendali di dalam dan di luar kelas selama waktu sekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif (Academia (ed.); 27th ed.). Litbang Pertanian.

Andriyani, Y., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2021). DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VI(02), 175–185. http://ejournal.iainkendari/diniyah
Anwar, F. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 137–144.

Bakry, A. (2010). KEBIJAKAN PENDIDIKAN SEBAGAI KEBIJAKAN PUBLIK. Jurnal MEDTEK, 2(1), 2010.

Cahyono, A. S. (2018). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERMASALAHAN SOSIAL ANAK. Publiciana, 11(1), 89–99.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Librari UIN Sunan Gunung Djati, 1–6.

Fajar, M., & Machmud, H. (2020). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 46–52. http://ejournal.iainkendari/diniyah

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world , unite ! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53, 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.00.003

Palupi, I. D. R. (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL PADA PERKEMBANGAN KECERDASAN ANAK USIA DINI. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 127–134.

Rahardjo, M. (2017). STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF: KONSEP DAN PROSEDURNYA. Sekolah Pasca Sarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.