Perencanaan Program Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan untuk Balita

Main Article Content

Komala Dewi Setiowati
Irwan Budiono

Abstract

ABSTRAK


 


Puskesmas Tegal Timur merupakan Puskesmas dengan persentase balita kurus terbanyak di Kota Tegal (12,13%) dan meningkat dari tahun sebelumnya (9,13%). Upaya dalam mengatasi masalah tersebut dengan menyelenggarakan PMT Pemulihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kegiatan perencanaan program PMT Pemulihan.


Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan informan secara purposive sampling dengan 4 informan utama 5 orang informan triangulasi. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi dengan analisis secara deskriptif.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kegiatan perencanaan program PMT Pemulihan untuk balita di wilayah kerja Puskesmas Tegal Timur Kota Tegal cukup baik dan sebagian besar sesuai dengan Petunjuk Teknis Pemberian Makanan Tambahan Tahun 2017. Tetapi penentuan balita sasaran yang menggunakan indeks BB/U di bawah -3SD masih kurang sesuai dengan peraturan tersebut yang seharusnya menggunakan indeks BB/TB di bawah -2SD.


Saran penelitian  ini adalah untuk memperbarui kebijakan terkait sasaran penerima program PMT Pemulihan dengan indeks BB/TB di bawah -2SD agar sesuai dengan Petunjuk Teknis Pemberian Makanan Tambahan Tahun 2017.


Kata kunci: Perencanaan, balita kurus, PMT Pemulihan, pemberitahuan

Article Details

How to Cite
Setiowati, K., & Budiono, I. (2019). Perencanaan Program Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan untuk Balita. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 3(1), 109-120. https://doi.org/10.15294/higeia.v3i1.24990
Section
Articles