Pemanfaatan Benteng Fort Willem I sebagai Sumber Belajar Sejarah Pada Pokok Bahasan Usaha Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Kelas XII SMA Kanisius Ambarawa Tahun Ajaran 2017/2018

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nanda Merrianda
Atno Atno
Hamdan Tri Atmaja

Abstract

Upaya untuk melaksanakan pembelajaran sejarah dengan berlakunya KTSP, salah satunya yaitu memanfaatkan sebuah situs. Pemanfatan Benteng Fort Willem I sebagai sumber belajar sejarah merupakan bentuk pemecahan masalah dalam pembelajaran sejarah yang hanya menggunakan metode konvensional. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah:  1) Bagaimanakah pemanfaatan Benteng Fort Willem I sebagai sumber belajar 2) Apa kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa? 3) Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran pemanfaatan benteng Fort Willem 1?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan benteng Fort Willem I sebagai sumber belajar, kendala-kenala yang dihadapi oleh guru dan siswa serta respon siswa ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, berfokus pada pemanfaatan Benteng Fort Willem I sebagai sumber belajar. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini benteng Fort Willem I sebagai sumber pembelajaran sejarah adalah: 1. Benteng Fort Willem I dapat digunakan sebagai sumber belajar sejarah, 2. Kendala yang dihadapi guru dan siswa yaitu: waktu, jarak dan transportasi. Sedangkan respon siswa ketika pembelajaran di kelas cenderung kurang memperhatikan, sementara ketika diadakan pembelajaran di lokasi benteng, siswa cenderung lebih antusias.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##