Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media chemgame dalam materi redoks pada pembelajaran kimia dan meningkatkan kemampuan interpersonal siswa. Lokasi penelitian di salah satu SMA kota Semarang, motode penelitian adalah pengembangan kuantitatif, pengumpulan data diakukan dengan lembar observasi, angket tanggapan, penilaian antar teman dan soal pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tanggapan positif siswa terhadap media chemgame yang ditunjukan dengan rata-rata skor tanggapan sebesar 89,91 yang termasuk dalam kriteria sangat tinggi, penilaian antar teman menunjukan rata-rata skor 18 yang termasuk dalam kriteria sangat tinggi, nilai n-gain kemampuan interpersonal didapatkan skor sebesar 0,7845 yang termasuk dalam kriteria sangat tinggi dengan ketuntasan klasikal siswa sebesar 81,85% dengan hal ini menunjukan bahwa media chemgame layak untuk digunakan dan efektif meningkatkan kemampuan interpersonal siswa, sehingga siswa memiliki minat belajar yang tinggi