Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan panduan pembelajaran discovery materi hukum-hukum dasar kimia yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development dengan model pengembangan 4-D menurut Thiagarajan & Semmel, yang kemudian dimodifikasi menjadi 3-D karena penelitian sebatas prototype. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Metode untuk mengumpulkan data berupa wawancara, validasi, angket, dan observasi. Wawancara dilakukan dengan guru untuk mendapatkan permasalahan. Validasi untuk menganilsis kelayakan oleh ahli materi dan media. Angket diberikan kepada guru sebagai respon dari profesional. Observasi dilakukan untuk menilai aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa panduan pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dengan  rerata skor aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan masing-masing sebesar 3,36, 3,33, 3,28 dan 3,55. Hasil tanggapan guru menunjukkan skor 33,5 dengan kriteria sangat terbantu. Secara keseluruhan, panduan pembelajaran discovery materi hukum-hukum dasar kimia untuk guru kimia SMA/MA layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.