Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Media dan metode pembelajaran termasuk dalam indikator kompetensi pedagogik. Media dan metode pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan dengan kondisi dari guru maupun siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis (1) kelayakan media kahoot berbasis quantum learning, (2) tingkat efektivitas media kahoot berbasis quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Metode pengambilan data terdiri dari tes, pengambilan angket, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan antara lain efektivitas (uji korelasi dan uji regresi sederhana), kelayakan (ahli materi, siswa dan perbandingan hasil belajar siswa). Hasil yang diperoleh antara lain media kahoot berbasis quantum learning dinyatakan layak ditinjau dari validasi ahli materi (dosen ahli materi dan guru) serta siswa dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sementara itu, tingkat efektivitas media untuk meningkatkan hasil belajar kimia sebesar 47,4%. Maka, media kahoot berbasis quantum learning dapat membantu meningkatkan hasil belajar kimia siswa.