Abstract

Pembelajaran dengan e-LKPD bermuatan CEP di SMA N 2 Bae Kudus belum diterapkan dan masih menggunakan buku paket yang disediakan sekolah. Hal tersebut dapat mengakibatkan ketuntasan klasikal belum terpenuhi yaitu sebesar 47%. Pada awal pembelajaran minat wirausaha peserta didik dalam kategori baik. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan bahan ajar untuk menumbuhkan minat wirausaha peserta didik yang berbasis teknologi untuk menyesuaikan kondisi peserta didik di zaman modern. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan inovasi bahan ajar berupa e-LKPD bermuatan CEP dengan bantuan flipbook dan liveworksheet yang layak dan efektif dalam pembelajaran hidrolisis garam, serta mengetahui respon dari peserta didik dan guru setelah menggunakan e-LKPD tersebut. Model pengembangan yang digunakan yaitu 3D yang dimodifikasi dari 4D oleh Thiagarajan. Uji kelayakan terhadap e-LKPD yang digunakan memperoleh persentase 90,83% pada validasi ahli materi dan 88,125% pada ahli media. Hasil analisis uji keterbacaan dalam kategori sangat baik. Keefektifan e-LKPD melalui perhitungan n-gain diperoleh hasil 0.62 dan minat wirausaha peserta didik mengalami pertumbuhan dari 66,45% menjadi 83,62%. E-LKPD yang dikembangan mendapatkan respon yang baik dari peserta didik dan guru kimia. Kesimpulan yang diperoleh adalah e-LKPD bermuatan CEP yang dikembangkan layak dan efektif, serta memperoleh tanggapan yang baik dari peserta didik dan guru.