COMPETENCY DEVELOPMENT FOR THE HEADMASTER OF MADRASAH ALIYAH NU 04 AL MA'ARIF BOJA, KENDAL REGENCY

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Kiswoyo Kiswoyo

Abstract

Pembinaan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan memberi sosialisasi mengenai kompetensi Kepala Madrasah Aliyah NU 04 Al Ma'arif Boja Kabupaten Kendal. Kompetensi Kepala Madrasah Aliyah pada saat ini harus menggunakan ketentuan Menteri Agama RI Nomor 24 Tahun 2018.  Pembinaan sosialisasi ini ditujukan kepada peserta yang terdiri dari para calon Kepala Madrasah Aliyah, semua Guru dan panitia recruitment serta pengurus Badan Pelaksana Penyelenggara Pendidikan Ma’Arif NU (BP3MNU). Dengan sosialisasi ini diharapkan semua peserta memahami ketentuan tersebut, sehingga proses recruitment yang akan dilakukan dapat berjalan sesuai dengan ketentuan. Pembinaan ini berhasil memberi kesamaan persepsi dari semua peserta, sehingga dapat mempermudah pelaksanaan. Hasil dari pembinaan dengan sosialisasi ini mampu dipahami dengan baik oleh semua peserta, hal ini dapat mewujudkan kompetensi Kepala Madrasah Aliyah yang diharapkan semua pemangku kepentingan.


This development is a community service that aims to provide socialization about the competence of the Head of Madrasah Aliyah NU 04 Al Ma'arif Boja Kendal Regency. The competence of the Head of Madrasah Aliyah at this time must use the provisions of the Minister of Religious Affairs of the Republic of Indonesia Number 24 of 2018.  The socialization development was aimed at participants consisting of the candidates of the Head of Madrasah Aliyah, all teachers and the recruitment committee as well as the board of executives of the Education Organizing Board Ma'arif NU (BP3MNU). With this socialization, it is expected that all participants understand the provisions, so that the recruitment process that will be carried out can run in accordance with the provisions. This coaching managed to give the common perception of all participants, so as to facilitate the implementation. The result of coaching with this socialization is able to be well understood by all participants, it can realize the competence of the Head of Madrasah Aliyah that is expected by all stakeholders.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kiswoyo, K. (2021). COMPETENCY DEVELOPMENT FOR THE HEADMASTER OF MADRASAH ALIYAH NU 04 AL MA’ARIF BOJA, KENDAL REGENCY. Indonesian Journal of Devotion and Empowerment, 3(1), 1-5. https://doi.org/10.15294/ijde.v3i1.46180

References

Ariana, Y. K., Wildan, W., & Setiadi, D. (2016). Hubungan Kapabilitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Denganmutu Pembelajaran Di Sekolah-Sekolah Katholik Yayasan Insan Mandiri Cabang Lombok. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v1i1.2
Baharudin, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, 6(1), 1–26.
Fauzi, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 42–53. https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v2i2.31
Gea, A. (2006). Integritas Diri: Keunggulan Pribadi Tangguh. Character Building Journal, Vol 3(No 1), 16–26.
Gordon, T., & Mitchell, D. (2004). A competency model for the assessment and delivery of spiritual care. Palliative Medicine, 18(7), 646–651. https://doi.org/10.1191/0269216304pm936oa
Hamid, S. andriyani. (2019). Pendampingan Guru Paud Ari-Ari Jepara Dalam Meningkatkan Pembelajaran Aud Berbasis Budaya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 124–130. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2812
Hanun, F. (2013). Pengaruh Efikasi Diri, Iklim Kerja, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Kepala Madrasah (Survey di Madrasah Ibtidaiyah Kota Bekasi). Analisa, 20(1), 99. https://doi.org/10.18784/analisa.v20i1.9
Hidayat, R., Dyah M, V., & Ulya, H. (2019). Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoretis. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 61–68. https://doi.org/10.34125/kp.v4i1.394
Kementrian Agama Republik Indonesia. (2017). Berita Negara. Menteri Agama Republik Indonesia Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia, Nomor 65(879), 2004–2006. https://doi.org/10.1093/bioinformatics/btk045
Kementrian Agama Republik Indonesia. (2018). Berita Negara. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 24(Kepala Madrasah), 6. https://doi.org/10.1093/bioinformatics/btk045
Kodiran. (2017). Kepala Sekolah Sebagai Tugas Tambahan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, Vol 7(1), 146–158.
Krisbiyanto, A. (2019). Efektifitas Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Mutu Pendidikan MTsN 2 Mojokerto. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 52–69. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.182
Mundir, A. (2017). Pemimpin Profesional Madrasah. Fikrotuna, 4(2). https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2753
Nahdlatul Ulama. (2010). Keputusan Muhtamar ke 32 Nahdlatul Ulama. 1(Muhtamar), 6.
Nuryati, D. (2020). Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Aplikasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-01
Sari, D. R., & Somantri, M. (2019). Manajer Pendidikan. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pasca Sarjana, 13(2), 1580167.
Srie Amanah Pebriany; Nunung. (2020). Buana komunikasi. 01, 02(Desember), 92–101.