E-COMMERCE TRAINING FOR PKK MOBILIZATION TEAM IN KERTOMULYO VILLAGE, BRANGSONG DISTRICT, KENDAL REGENCY

  • Lukman Zaini Abdullah FEB Universitas Selamat Sri
  • Suprihono Setyawan FEB Universitas Selamat Sri
  • Mahfud Nugroho FEB Universitas Selamat Sri
  • Rizki Ridhasyah FEB Universitas Selamat Sri
  • Fitria Yuni Astuti FEB Universitas Selamat Sri
Keywords: e-commerce, Micro, Small and Medium Enterprises, Marketing

Abstract

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat melibatkan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Kertomulyo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. PKK merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, mayoritas masyarakat Desa Kertomulyo adalah petani dan karyawan. Oleh karena itu memberikan wawasan dan pelatihan e-commerce kepada masyarakat tentang perkembangan teknologi yang semakin pesat di era digitalisasi merupakan salah satu cara meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat dan pentingnya e-commerce, menumbuhkan minat masyarakat dalam membuka Usaha Mikro Kecil dan Menengah di masa pandemi COVID-19 dan memperkenalkan cara pemasaran melalui marketplace untuk meningkatkan jaringan pemasaran. UMKM dengan menggunakan pemasaran secara online dipercaya mampu tumbuh di masa pandemi.

The implementation of community service involves the Family Empowerment and Welfare Mobilization Team/Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) of Kertomulyo Village, Brangsong District, Kendal Regency. PKK is a national movement in community development that grows from below, the majority of Kertomulyo villagers are farmers and employees. Therefore, providing insights and training e-commerce to the public about the rapid development of technology in the era of digitalization is one way to increase public knowledge about the benefits and importance of e-commerce, foster public interest in opening Small and Medium Enterprises during the COVID-19 pandemic and introduce marketing methods through marketplaces to improve network marketing. MSMEs using online marketing are believed to be able to grow during the pandemic.

References

DPKM-UGM, T. Y. (2020). Dampak Awal Pandemi Covid 19 Terhadap UMKM. https://pengabdian.ugm.ac.id/dampak-awal-pandemi-covid-19-terhadap-umkm/
Michael, j S., Robert, B., Troy, S., & Andrew, W. (2012). Handbook on Electronic Commerce. Springer Science & Business Media.
Tim Penggerak PKK Pusat. (2015). Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. Tim Penggerak PKK Pusat.
Traver, & Laudon. (2004). E-commerce : Business, Technology, Society (10th ed.). Pearson
Published
2021-06-30
How to Cite
Abdullah, L., Setyawan, S., Nugroho, M., Ridhasyah, R., & Astuti, F. (2021). E-COMMERCE TRAINING FOR PKK MOBILIZATION TEAM IN KERTOMULYO VILLAGE, BRANGSONG DISTRICT, KENDAL REGENCY. INDONESIAN JOURNAL OF DEVOTION AND EMPOWERMENT (IJDE), 3(1), 34-37. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijde/article/view/46427
Section
Articles