Profesionalisme Guru Sejarah dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Salatiga

  • Ferria Andani
  • Hamdan Tri Atmaja
  • Ba'in Ba'in

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru sejarah terhadap profesionalisme, mendeskripsikan persepsi guru sejarah terhadap Kurikulum 2013, dan mendeskripsikan profesionalisme guru sejarah dalam implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Salatiga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu wawancara mendalam, pengamatan/observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Salatiga, guru sudah menggunakan pendekatan saintifik yaitu dengan mengarahkan peserta didik untuk mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis, dan mengkomunikasikan (5M). Guru tidak lagi mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian afektif. Pelaksanaan proses pembelajaran Sejarah Wajib maupun Peminatan menggunakan Kurikulum 2013 sudah dilaksanakan dengan cukup baik, mulai dari perencanaan, proses, sampai evaluasi. Guru sudah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara mandiri.

Published
2017-10-01
How to Cite
Andani, F., Atmaja, H., & Ba’in, B. (2017). Profesionalisme Guru Sejarah dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Salatiga. Indonesian Journal of History Education, 4(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/18094