Profesionalisme Guru Sejarah dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Salatiga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru sejarah terhadap profesionalisme, mendeskripsikan persepsi guru sejarah terhadap Kurikulum 2013, dan mendeskripsikan profesionalisme guru sejarah dalam implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Salatiga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu wawancara mendalam, pengamatan/observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Salatiga, guru sudah menggunakan pendekatan saintifik yaitu dengan mengarahkan peserta didik untuk mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis, dan mengkomunikasikan (5M). Guru tidak lagi mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian afektif. Pelaksanaan proses pembelajaran Sejarah Wajib maupun Peminatan menggunakan Kurikulum 2013 sudah dilaksanakan dengan cukup baik, mulai dari perencanaan, proses, sampai evaluasi. Guru sudah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara mandiri.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal Indonesian Journal of History Education agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.