Eksperimen Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA N 1 Pejagoan Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Resti Pujiani
  • Jayusman Jayusman
  • Romadi Romadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar siswa kelas yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning, (2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah bervariasi, (3) Mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran model Problem Based Learning dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah bervariasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pejagoan. Teknik sampling pada penelitian ini adalah Simple random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Quasi Experimental. Hasil penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar sejarah siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada siswa yang diberi pembelajaran dengan metode ceramah bervariasi dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan diperoleh nilai 61,63 menjadi 79,51. Hasil belajar sejarah siswa dengan metode ceramah bervariasi termasuk kategori baik karena dilihat dari rata-rata hasil belajar setelah dan sesudah posttest diperoleh nilai rata-rata dari 59,5 menjadi 77,64, dan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang dibuktikan dengan uji perbedaan du rata-rata diperoleh thitung sebesar 2,87 sedangkan ttabel 1,997.

Published
2017-10-01
How to Cite
Pujiani, R., Jayusman, J., & Romadi, R. (2017). Eksperimen Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA N 1 Pejagoan Tahun Pelajaran 2015/2016. Indonesian Journal of History Education, 4(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/18097