Studi Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar Sejarah di SMA Negeri Se-Kota Magelang dalam Kurikulum 2013

  • Sri Radityo
  • Hamdan Tri Atmaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan sumber belajar sejarah di SMA Negeri se-Kota Magelang dalam Kurikulum 2013 dengan pokok permasalahan pengetahuan dan pemahaman guru sejarah mengenai sumber belajar sejarah, pemanfaatan sumber belajar sejarah di SMA Negeri 1 Magelang dan SMA Negeri 2 Magelang dan juga kendala-kendala yang dihadapi guru sejarah dalam pemanfaatan sumber belajar sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Magelang dan SMA Negeri 2 Magelang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di SMA Negeri 1 Magelang dan SMA Negeri 2 Magelang telah mengetahui dan memahami mengenai sumber belajar sejarah baik dari jenis dan bentuknya, namun dalam pemanfaatan setiap guru berbeda dikarenakan guru lebih memilih sumber belajar yang paling dikuasai.

Published
2017-10-01
How to Cite
Radityo, S., & Atmaja, H. (2017). Studi Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar Sejarah di SMA Negeri Se-Kota Magelang dalam Kurikulum 2013. Indonesian Journal of History Education, 4(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/18098