PENGGUNAAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DI SMP NEGERI 1 BATANG

  • Pratiwi Chrisnanda Nurmanuel Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Buku Sekolah Elektronik (BSE), Sumber Belajar, Pembelajaran IPS Sejara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman, penggunaan BSE dalam pembelajaran IPSsejarah, serta efektifitas penggunaan Buku Sekolah Elektronik sebagai sumber belajar di SMPNegeri 1 Batang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guruIPS, siswa, kepala sekolah, bendahara BOS, petugas perpustakaan. Data yang diperoleh melaluiwawancara, observasi, dan studi dokumentasi. pemahaman guru dan siswa, penggunaan BSE sertaefektifitas penggunaannya merupakan fokus dalam penelitian ini. Teknik pemilihan informan padapenelitian ini adalah dengan purposive sampling. Hasil penelitian Penggunaan BSE sebagai sumberbelajar dalam pembelajaran IPS sejarah belum efektif dilaksanakan, dikarenakan kurangnyapemahaman guru dan siswa mengenai BSE, kurangnya pemanfaatan fasilitas-fasilitas sekolah gunamendukung pembelajaran elektronik khususnya penerapan sistem BSE..

This study aims to determine the understanding, use of BSE in social studies learning history, aswell as the effective use of Electronic School Book as a learning resource in SMP Negeri 1 Batang.This research is qualitative research. Informants in this study were social studies teachers, students,principals, BOS treasurer, librarian. The data obtained through interviews, observation, anddocumentation. understanding of teachers and students, the use of BSE and the effectiveness of itsuse is the focus of this research. Selection techniques informants in this study is the purposivesampling. The results use BSE as a learning resource in the history of social studies learning hasnot effectively implemented, due to lack of understanding of teachers and students regarding BSE,the lack of utilization of school facilities to support the implementation of electronic learningsystems especially BSE ..

How to Cite
Nurmanuel, P. (1). PENGGUNAAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DI SMP NEGERI 1 BATANG. Indonesian Journal of History Education, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/2165
Section
Articles