UPAYA GURU DALAM MENGATASI HAMBATAN PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH AL IRSYAD GAJAH DEMAK

  • Pradita Ardiansyah Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Hambatan, Upaya, KTSP, PAIKEM

Abstract

Artikel  ini  mengkaji  mengenai  pelaksanaan  KTSP  yang  lebih  menekan  pada  kemampuan  guru untuk  mengembangkan  materi  pelajaran  dan  menuntut  pengembangan  diri  siswa  setelah melaksanakan  proses  belajar,  karena  pengembangan  diri  merupakan  komponen  utama  dalam KTSP.  Penelitian  ini menggunakan  metode  penelitian  kualitatif..  Informan  dalam  penelitian  ini  adalah guru Sejarah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu (1)  observasi,  (2)  wawancara,  (3)  dokumentasi.  Analisis  yang  dilakukan  menggunakan  analisis model interaktif. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  sejumlah  hambatan  yang  dirasakan  guru  sejarah  MA  Al Irsyad  Gajah  dalam  melaksanakan  KTSP  ternyata  masih  dalam  level  proses  pembelajarannya, tidak  pada  level  kurikulum  itu  sendiri.  Upaya  yang  dilakukan  guru untuk  mengatasi  hambatan KTSP adalah dengan mengintensifkan pendekatan PAIKEM.

 

This article examines the implementation of the SBC is more pressure on the ability of teachers to develop  learning  materials  and  requires  the  development  of  self-esteem  after  implementing  the learning process, because the self-development is a major component in the SBC. This study used qualitative research methods .. Informants in this study is a history teacher. Data collection  techniques  in  this  study  using  several  methods:  (1)  observation,  (2)  the  interview,  (3) documentation. Analyzes were performed using analysis of interactive models. The  results  showed  that  a  number  of  perceived  barriers  MA  Al  Ershad  history  teacher  in implementing SBC elephant was still in the learning process level, not at the level of the curriculum itself.  Efforts  are  being  made  to  overcome  the  obstacles  teachers  SBC  is  to  intensify  PAIKEM approach.

How to Cite
Ardiansyah, P. (1). UPAYA GURU DALAM MENGATASI HAMBATAN PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH AL IRSYAD GAJAH DEMAK. Indonesian Journal of History Education, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/2169