PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA MAHASISWA JURUSAN SEJARAH FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2008 YANG AKTIF DAN TIDAK AKTIF DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN

  • Pinky Wohing Apiwie Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Organisasi Kemahasiswaan, Prestasi Belajar Mahasiswa

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  adakah  pengaruh  dari  keaktifan  mahasiswa  dalam organisasi kemahasiswaan terhadap hasil belajar mereka.  Kali  ini  kita  memiliki  dua  pokok  permasalahan,  yaitu  keaktifan  mahasiswa  dalam  organisasi kemahasiswaan dan hasil belajar mahasiswa. Hipotesis yang diambil adalah ada pengaruh antara keaktifan mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan dan hasil belajar mahasiswa. Hasil  penelitian  ini  menunjukan  rata-rata  IPK  siswa  yang  aktif  dalam  kegiatan  kemahasiswaan sebesar  3,38, IPK minimum 3,16 dan IPK maksimum 3,6. sedangkan rata-rata IPK mahasiswa yang  tidak  aktif  dalam  kegiatan  kemahasiswaan  sebesar  3,19  IPK  minimum  2,72  dan  IPK maksimum 3,43.

 

This  study  aimed  at  finding  out  if  the  effect  of  active  students  in  student  organizations  on  their learning outcomes. This time we have two main problems, namely the activity of students in student organizations and  student  learning  outcomes..  The  hypothesis  taken  is  no  influence  between  the  activity  of students in student organizations and student learning outcomes. These results indicate the average GPA of students who are active in student activities of 3.38, a minimum GPA of 3.16 and a maximum GPA of 3.6. while the average GPA of students who are not active in student activities amounted to 3.19 GPA minimum GPA of 2.72 and maximum of 3.43.

How to Cite
Apiwie, P. (1). PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA MAHASISWA JURUSAN SEJARAH FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2008 YANG AKTIF DAN TIDAK AKTIF DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN. Indonesian Journal of History Education, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/2174