PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013

  • Bayu Setyo Nugroho Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Hasil belajar, Pembelajaran cooperative learning jigsaw

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  diperlukan  penggunaan  model pembelajaran yang lebih berfariasi, salah satunya adalah Cooperative learning teknik jigsaw.  Berdasarkan hasil prasiklus diketahui ketuntasan belajar siswa mencapai mencapai 54,3 % atau 19 siswa  tuntas  dengan  rata-rata  nilai  70,7  sesudah  menggunakan  model  pembelajaran  cooperative learning teknik Jigsaw pada sklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 68,6%  atau 24 siswa tuntas dengan rata-rata 72,7. Sehingga dapat disimpulkan bahawa pembelajaran sejarah dengan model pembelajaran Cooperative Learning  teknik Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X.H SMA Negeri 2 Rembang

 

This study aims to improve student learning outcomes required the use of more berfariasi learning models, one of which is a jigsaw cooperative learning technique. Based on known results prasiklus students achieve mastery learning reaches 54.3% or 19 students completed with an average value of 70.7 after using the learning model Jigsaw cooperative learning techniques  in  sklus  I  mastery  learning  students  achieve  68.6%  or  24  students  completed  with average  72.7  average.  It  can  be  concluded  with  a  history  of  learning  bahawa  learning  model Jigsaw  cooperative  learning  techniques  can  improve  student  learning  outcomes  in  the  classroom XH 2 Apex Senior High School

How to Cite
Nugroho, B. (1). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Indonesian Journal of History Education, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/2212