PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013

  • Bayu Setyo Nugroho Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Hasil belajar, Pembelajaran cooperative learning jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan penggunaan modelpembelajaran yang lebih berfariasi, salah satunya adalah Cooperative learning teknik jigsaw. Berdasarkan hasil prasiklus diketahui ketuntasan belajar siswa mencapai mencapai 54,3 % atau 19siswa tuntas dengan rata-rata nilai 70,7 sesudah menggunakan model pembelajaran cooperativelearning teknik Jigsaw pada sklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 68,6% atau 24 siswa tuntasdengan rata-rata 72,7. Sehingga dapat disimpulkan bahawa pembelajaran sejarah dengan modelpembelajaran Cooperative Learning teknik Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelasX.H SMA Negeri 2 Rembang

This study aims to improve student learning outcomes required the use of more berfariasi learningmodels, one of which is a jigsaw cooperative learning technique.Based on known results prasiklus students achieve mastery learning reaches 54.3% or 19 studentscompleted with an average value of 70.7 after using the learning model Jigsaw cooperative learningtechniques in sklus I mastery learning students achieve 68.6% or 24 students completed withaverage 72.7 average. It can be concluded with a history of learning bahawa learning modelJigsaw cooperative learning techniques can improve student learning outcomes in the classroomXH 2 Apex Senior High School

How to Cite
Nugroho, B. (1). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Indonesian Journal of History Education, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/2212
Section
Articles