MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 3 TRUCUK, KLATEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TAHUN 2012/2013

  • Fendy Yon Prihantoro Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Role Playing, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  apakah  model    pembelajaran  Role  Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B di SMP Negeri 3 Trucuk, Klaten tahun ajaran 2012/2013. Pendekatan  penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  tindakan  kelas  prosedur  kerja  dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen utama yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan  dan  refleksi.  Subjek  penelitian  adalah  siswa  kelas  VII  B  yang  berjumlah  34  siswa dengan analisis data mengunakan analisis deskriptif prosentase.  Hasil  belajar  pada  siklus  II  mengalami  peningkatan,  dapat  diketahui  dari  nilai  rata-rata  sebesar 73,13  meningkat  sebesar  4,24%  dari  rata-rata  nilai  siklus  I  yaitu  sebesar  70,15.  persentase ketuntasan  klasikal  juga  meningkat  dari  69,69%  pada  siklus  I  menjadi  90,9%  dengan  nilai peningkatan sebesar 30,43%.

 

The purpose of this study was to determine whether the role playing learning model to improve learning  outcomes  of  students  of  class  VII  B  in  SMP  Negeri  3  Trucuk,  Klaten  academic  year 2012/2013. The  approach  used  in  this  study  is  action  research  working  procedures  in  this  classroom  action research  consists  of  four  main  components  namely  planning,  implementation,  observation  and reflection. The subjects were students of class VII B, amounting to 34 students with data analysis using descriptive analysis percentage. Learning outcomes in the second cycle has increased, it can be seen from the average value of 73.13 increased by 4.24% from the average value of the first cycle is equal to 70.15. classical completeness percentage also increased from 69.69% in the first cycle to 90.9% with an increase of 30.43%.
How to Cite
Prihantoro, F. (1). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 3 TRUCUK, KLATEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TAHUN 2012/2013. Indonesian Journal of History Education, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/2213