MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 3 TRUCUK, KLATEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TAHUN 2012/2013

  • Fendy Yon Prihantoro Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Role Playing, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Role Playingdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B di SMP Negeri 3 Trucuk, Klaten tahun ajaran2012/2013.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas prosedur kerja dalampenelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen utama yakni perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 34 siswadengan analisis data mengunakan analisis deskriptif prosentase. Hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan, dapat diketahui dari nilai rata-rata sebesar73,13 meningkat sebesar 4,24% dari rata-rata nilai siklus I yaitu sebesar 70,15. persentaseketuntasan klasikal juga meningkat dari 69,69% pada siklus I menjadi 90,9% dengan nilaipeningkatan sebesar 30,43%.

The purpose of this study was to determine whether the role playing learning model to improvelearning outcomes of students of class VII B in SMP Negeri 3 Trucuk, Klaten academic year2012/2013.The approach used in this study is action research working procedures in this classroom actionresearch consists of four main components namely planning, implementation, observation andreflection. The subjects were students of class VII B, amounting to 34 students with data analysisusing descriptive analysis percentage.Learning outcomes in the second cycle has increased, it can be seen from the average value of 73.13increased by 4.24% from the average value of the first cycle is equal to 70.15. classical completenesspercentage also increased from 69.69% in the first cycle to 90.9% with an increase of 30.43%.
How to Cite
Prihantoro, F. (1). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 3 TRUCUK, KLATEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TAHUN 2012/2013. Indonesian Journal of History Education, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/2213
Section
Articles