PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH POKOK BAHASAN ISLAMISASI BERBASIS PENINGGALAN SEJARAH MASJID AGUNG DEMAK

  • Fathimah Zahra Gedung C2 Lantai 1, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang 50229
Keywords: History of Instructional Materials, Islamization, Heritage, Great Mosque of Demak

Abstract

This paper describe about the Development of Teaching Material Based Islamization Highlights History Heritage of the Great Mosque of Demak Students of Class XI Social At High School 1 Dempet. The method used is the Research and Development (RnD). The results show an outline that (1) the student has a good response to cooperative learning with history-based material development in the area of their historical heritage, (2) the student has a high level of analysis, evidenced in student involvement in group discussions, (3 ) curiosity of students increased by the notion applied learning teachers can draw students to be critical, and (4) obtained an increase in the students' cognitive value that indicates that the development of teaching materials that are applied through the development of teaching materials based on the historical subject of the Islamization of the Great Mosque of Demak greatly assist students in obtaining better results or outcomes more optimal so that learning becomes more effective.

 

Tulisan ini mendiskripsikan tentang Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Pokok Bahasan Islamisasi Berbasis Peninggalan Sejarah Masjid Agung Demak Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Dempet. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Hasil penelitian menunjukkan secara garis besar bahwa (1) siswa memiliki respon yang baik terhadap pembelajaran kooperatif dengan pengembangan bahan ajar sejarah berbasis peninggalan bersejarah di daerah mereka, (2) siswa memiliki tingkat analisis yang tinggi, dibuktikan dalam keterlibatan siswa dalam diskusi kelompok, (3) rasa keingintahuan siswa meningkat dengan adanya anggapan pembelajaran yang diterapkan guru dapat menarik siswa untuk lebih kritis, dan (4) diperoleh peningkatan nilai kognitif siswa di kelas yang menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar yang diterapkan melalui pengembangan bahan ajar sejarah pokok bahasan Islamisasi berbasis Masjid Agung Demak sangat membantu siswa dalam memperoleh hasil yang lebih baik atau hasil yang lebih optimal sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif.

 

 

Author Biography

Fathimah Zahra, Gedung C2 Lantai 1, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang 50229
Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Published
2014-10-17
How to Cite
Zahra, F. (2014). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH POKOK BAHASAN ISLAMISASI BERBASIS PENINGGALAN SEJARAH MASJID AGUNG DEMAK. Indonesian Journal of History Education, 3(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/3885