IMPLEMENTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH STUDI MINAT DAN PEMAHAMAN SEJARAH PADA SISWA

  • Muthohharoh Muthohharoh Gedung C2 Lantai 1, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang 50229
Keywords: instructional planning, implementation, interest, understanding

Abstract

Learning plan is something that is very important in a learning process of history. This is because history itself is an important subject. The purpose of this article is to determine how history teachers make their lesson plans and also how they implement it. Then if the plan has an impact on students 'interest in learning the history and also the level of understanding students' learning history. With careful planning and also learning good implementation, the achievement of learning objectives will be achieved with maximum history. Thus, the achievement of learning objectives is also influenced by the students' interest and understanding that good anyway. Results of research conducted in the district Rembang showed lesson planning history teachers are pretty good.

 

Tulisan ini mendiskripsikan tentang Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Pokok Bahasan Islamisasi Berbasis Peninggalan Sejarah Masjid Agung Demak Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Dempet. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Hasil penelitian menunjukkan secara garis besar bahwa (1) siswa memiliki respon yang baik terhadap pembelajaran kooperatif dengan pengembangan bahan ajar sejarah berbasis peninggalan bersejarah di daerah mereka, (2) siswa memiliki tingkat analisis yang tinggi, dibuktikan dalam keterlibatan siswa dalam diskusi kelompok, (3) rasa keingintahuan siswa meningkat dengan adanya anggapan pembelajaran yang diterapkan guru dapat menarik siswa untuk lebih kritis, dan (4) diperoleh peningkatan nilai kognitif siswa di kelas yang menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar yang diterapkan melalui pengembangan bahan ajar sejarah pokok bahasan Islamisasi berbasis Masjid Agung Demak sangat membantu siswa dalam memperoleh hasil yang lebih baik atau hasil yang lebih optimal sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif.

 

 

Author Biography

Muthohharoh Muthohharoh, Gedung C2 Lantai 1, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang 50229
Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang
Published
2014-10-17
How to Cite
Muthohharoh, M. (2014). IMPLEMENTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH STUDI MINAT DAN PEMAHAMAN SEJARAH PADA SISWA. Indonesian Journal of History Education, 3(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/3905
Section
Articles