https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/issue/feed Indonesian Journal of History Education 2018-12-12T09:01:08+00:00 Syaiful Amin sejarah@mail.unnes.ac.id Open Journal Systems <p>Indonesia Journal of History Education (IJHE) adalah jurnal yang menerbitkan artikel hasil penelitian atau konseptual tentang pendidikan sejarah yang meliputi kajian kurikulum sejarah, proses pembelajaran, media dan sumber belajar sejarah, inovasi pendidikan sejarah dan pendidikan. IJHE merupakan jurnal yang dikelola oleh Tim Jurnal Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Indonesia Journal of History Education (IJHE) terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juli dan Desember. IJHE telah terindeks di Google Scholar, DOAJ, dan IPI (Garuda). Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan, Nomor 21/E/KPT/2018 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2018, Indonesia Journal of History Education masuk dalam Jurnal Level 4 (Sinta 4), dan berlaku selama 5 tahun dari tahun 2016-2020</p> https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27635 Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Group Investigation Berbantuan Learning Management System (LMS) Berbasis Edmodo dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Historis Mahasiswa Calon Guru Sejarah 2018-12-11T04:07:18+00:00 Sofiani Yulia junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id Oka Agus Kurniawan Shavab okaaks@unsil.ac.id <p>Berdasarkan observasi yang dilakukan di Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi pada calon guru sejarah angkatan 2017 menunjukkan bahwa kemampuan berpikir historisnya masih belum maksimal ditunjukkan. Hal ini dilihat dari hasil pra penelitian yang menunjukkan bahwa persentase berpikir historis-nya rata-rata sebesar 53,6%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran empirik tentang kontribusi model pembelajaran kooperatif learning tipe group investigation berbantuan <em>Learning Management System</em> (LMS) berbasis edmodo dalam meningkatkan kemampuan berfikir historis calon guru sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian pada siklus pertama menunjukkan bahwa persentase berpikir historis-nya rata-rata sebesar 70,4 % dan pada siklus kedua persentase berpikir historis-nya rata-rata sebesar 82,4 %. Berdasarkan dari hasil tindakan pada siklus I dan II bahwa penggunaan model pembelajaran grup investigation dan media pembelajaran edmodo dapat meningkatkan berpikir historis mahasiswa.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Group Investigation, Media Pembelajaran Edmodo, Berpikir Historis</p> 2018-12-10T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27636 Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Rembang Tahun Pelajaran 2017/2018 2018-12-11T04:07:18+00:00 Wahyu Adya Lestariningsih junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id Jayusman Jayusman junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id Arif Purnomo junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id <p>Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui nilai-nilai multikultural yang ditanamkan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Rembang, mengetahui pelaksanaan nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 1 Rembang, dan mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 1 Rembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan adalah model analisis Interaktif. Berdasarkan hasil penelitian &nbsp;mengungkapkan bahwa penanaman ilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah&nbsp; yang diajarkan di SMA Negeri 1 Rembang sudah terlaksana dengan baik. Penanaman nilai-nilai multikultural dalam pemblajaran sejarah di SMA Negeri 1 Rembang tidak hanya diajarkan dalam kelas saja, namun juga melalui pembelajaran luar kelas. Kurikulum menjadi faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai multikultural yang ada di SMA Negeri 1 Rembang, dan pembelajaran luar kelas menjadi faktor pendorong dalam penanaman nilai-nilai multikultural.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> nilai; multikultural, pembelajaran sejarah</p> 2018-12-10T10:21:10+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27641 Pembelajaran Sejarah, Persepsi dan Sikap Terhadap Figur Kartini Pada Siswa SMA N 2 Rembang Tahun 2018 2018-12-11T04:07:19+00:00 Mohammad Syaiful Bakhri junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id Cahyo Budi Utomo junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id Bain Bain junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id <p>Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran sejarah submateri kartini dan persepsi siswa dengan sikap siswa terhadap figur Kartini pada kelas XI SMA Negeri 2 Rembang tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian <em>ex-post facto</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah dan persepsi siswa berpengaruh dengan sikap siswa terhadap figur Kartini. Hal ini dibuktikan dengan Uji F yang diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel5,522&gt;1,653, Pada pengujian secara parsial (uji t) untuk variabel pembelajaran sejarah submateri kartini (X1) diperoleh t hitung lebih kecil dari t tabel 0,778&lt;1,653 sehingga H1 ditolak. Untuk variabel persepsi siswa terhadap figur Katini (X2) diperoleh t hitung lebih besar daripada t tabel3,659 &gt; 1,653, sehingga H2 diterima. Secara simultan pembelajaran sejarah dan persepsi siswa berpengaruh dengan sikap siswa terhadap figur Kartini sebesar 4,6 %. Secara parsial pengaruh pembelajaran sejarah dengan sikap siswa terhadap figur Kartini sebesar 0,32% dan pengaruh persepsi siswa dengan sikap siswa terhadap figur Kartini sebesar 4,6 %.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> persepsi; Kartini; pembelajaran sejarah</p> 2018-12-11T01:58:08+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27642 Peningkatkan Hasil Belajar Sejarah Materi Kehidupan Masa Pra Aksara di Indonesia Melalui Kuis “Pintu Rahmat” Pada Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015 2018-12-11T04:07:20+00:00 Sri Utari srieoetarie@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Kuis “Pintu Rahmat” pada siswa kelas X Ilmu-Ilmu Sosial 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan kegiatan yang terdiri atas dua siklus. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket dan melakukan pengamatan dengan lembar pengamatan serta melalui tes evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis statistik deskriptif sederhana dengan menggunakan <em>mean </em>(rata-rata hitung). Hasil penelitian menunjukkan&nbsp; melalui Kuis “Pintu Rahmat”, diperoleh fakta hasil belajar sejarah meningkat. Nilai rata-rata kelas sebelum diadakan penelitian sebesar 76,92 dengan ketuntasan belajar hanya mencapai 59%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata kelas naik sebesar 80,77 dengan ketuntasan belajar mencapai 67%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 81,66 dengan ketuntasan belajar mencapai 78%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa Kuis”Pintu Rahmat” perlu dilaksanakan dalam pembelajaran di kelas, karena model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan pemahaman materi dan hasil belajar siswa serta keaktifan siswa meningkat.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> hasil belajar; kuis “pintu rahmat”</p> 2018-12-11T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27645 Kesadaran Sejarah Siswa Terhadap Ketokohan dan Keteladanan Sunan Kudus Di MA Qudsiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018 2018-12-11T04:07:20+00:00 Aufa Hasan Firdaus junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id Arif Purnomo junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id Tsabit Azinar Ahmad junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan proses penanaman kesadaran sejarah terhadap keteladanan dan ketokohan Sunan Kudus dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyyah Qudsiyyah Kudus, menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesadaran sejarah siswa terhadap ketokohan dan keteladanan Sunan Kudus di Madrasah Aliyyah Qudsiyyah Kudus, dan menjelaskan fasilitas yang digunakan dalam penanaman kesadaran sejarah terhadap ketokohan dan keteladanan Sunan Kudus di MA Qudsiyyah Kudus. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman kesadaran sejarah terhadap keteladanan dan ketokohan Sunan Kudus dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA Qudsiyyah Kudus sudah sesuai dibuktikan adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Silabus pada Kurikulum 2013, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dan kesadaran sejarah siswa yang ditunjukkan sebagian besar dari hasil wawancara siswa yaitu paham. Adanya faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesadaran sejarah siswa antara lain dari kompetensi guru sejarah, pembelajaran yang ada, dan lingkungannya. Fasilitas yang digunakan dalam penanaman kesadaran sejarah sudah mewadahi ditunjang dari sumber belajar dan ekstrakulikuler.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> kesadaran sejarah; ketokohan; Sunan Kudus</p> 2018-12-11T02:15:10+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27646 Perbedaan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Video Edukasi dan Media Video Dokumenter pada Pembelajaran Sejarah di SMA N 12 Semarang Tahun Ajarah 2017/2018 2018-12-11T04:07:20+00:00 Umi Erniasih junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id Suwito Eko Pramono junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id Atno Atno junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media video edukasi dalam pembelajaran sejarah di Kelas X IPS SMA N 12 Semarang tahun ajaran 2017/2018, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media video dokumenter dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS SMA N 12 Semarang&nbsp; tahun ajaran 2017/2018, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan media video edukasi dengan media video dokumenter pada pembelajaran sejarah di Kelas X IPS SMA N 12 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Lokasi penelitian di SMA N 12 Semarang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, tes, observasi, serta angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakna media video edukasi yaitu sebesar 85,5. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media video dokumenter sebesar 74,6. Selain itu melalui uji t telah dihasilkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media video edukasi dengan menggunakan media video dokumenter sebesar 3,583.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> hasil belajar; video; edukasi; dokumenter</p> 2018-12-11T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27647 Pemanfaatan Situs Purbakala Semedo Sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Dukuhwaru dan SMA Negeri 3 Slawi Kabu-paten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 2018-12-11T04:07:20+00:00 Noviana Safitri junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id Cahyo Budi Utomo junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id Syaiful Amin junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id <p>Tujuan penelitian ini mengetahui relevansi koleksi Situs Purbakala Semedo dalam materi pembelajaran sejarah, dan implementasi pemanfaatan Situs Purbakala Semedo dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif Naratif. Pengumpulan Sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji validitas dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan Reduksi Data, Display, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koleksi Situs Purbakala Semedo relevan dengan materi pembelajaran Pra Aksara KI 3 dan 4, KD 3.9, 4.9 dan 3.10, 4.10. Model pembelajaran Discovery Learning dengan lawatan sejarah dan HOTS. Pendekatan pembelajaran SMA Negeri 1 Dukuhwaru dan SMA Negeri 3 Slawi Scientific Learning. Pemanfaatan Situs Purbakala Semedo disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus dan materi yang sedang berlangsung. Pemanfaatan ini memberi dampak positif meningkatkan minat belajar siswa dan membantu guru dalam menggunakan sumber belajar sejarah untuk siswa.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> situs purbakala; Semedo; sumber belajar</p> 2018-12-11T02:30:47+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27648 Analysis Of Instrument Test Of Historical Thinking Skills In Senior High School History Learning With Quest Programs 2018-12-11T04:07:21+00:00 Ofianto Ofianto ofianto.anto@yahoo.com <p>This research is descriptive quantitative research and aimed to described quality of questions history subject in West Sumatra District including validity, item difficulty, item discrimination, distractor efficiency and reliability. Objects in this study are questions test and 443 sheets of answer sheet including MAN 3 Padang, MAN Pariaman and MAN 3 Padang Panjang, key answer test, a test blue print and then it’s analysis with <em>quest </em>program. The result of this research shows that the content validity have category of valid was 28 questions (56%) and un-valid was 22 questions (44%). Item difficulty questions are easy category was 1 question (2%), immediate category was 9 questions (18%) and difficult category was 40 questions (80%). Item discrimination is weak category was 26 questions (52%), enough category was 18 questions (36%), good category was 4 questions (8%), very good questions was 1 question (2%) and bad category was 1 question (2%). Distractor efficiency was 47 questions (94%) and not function was 3 questions (6%). The average Kuder-Richarson formula 20 reability coefficient was 0,53 means it has enough reliability.</p> <p><strong>Key words:</strong> historical thinking; validity; item difficulty; item discrimination; distractor of efficiency; reliability</p> 2018-12-11T02:41:09+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27649 Pahlawan Lokal Masuk Kelas Sejarah: Kritik Hegemoni Ideologi Dalam Narasi Sejarah Kepahlawanan 2018-12-12T09:01:08+00:00 Ganda Febri Kurniawan gandafk4@gmail.com Warto Warto gandafk4@gmail.com Leo Agung Sutimin gandafk4@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkritik narasi sejarah kepahlawanan secara tekstual. Fokus kajian ini adalah pahlawan lokal secara filosofis<em>, </em>bila pahlawan lokal masuk kelas sejarah dan apresiasi dari civitas akademik mengenai konsep tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain <em>critical etnografi</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Sejatinya konsep <em>Local Hero </em>jika dibaca dalam wacana filosofi sangat relevan bagi pengajaran sejarah lokal; 2) Kelas sejarah menjadi lebih menarik ketika konsep-konsep populer masuk ke dalam bagian dari materi, mengingat generasi milenial sudah tidak begitu tertarik mempelajari sejarah yang terlalu politis dan elitis, sehingga <em>Local Hero </em>memiliki determinasi tersendiri dalam hal ini; dan 3) Di Kelas, konsep tersebut mendapatkan apresiasi positif dari pendidik dan peserta didik. Dari uraian tersebut peneliti berkesimpulan bahwa, saat ini pengajaran sejarah membutuhkan satu inovasi yang sesuai dengan semangat dan jiwa zaman.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> <em>local hero</em><em>; </em>memori kolektif; pembelajaran sejarah</p> 2018-12-11T03:11:50+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27652 Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukorejo 2018-12-11T04:07:22+00:00 Sri Uji Lestari junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id Ufi Saraswati junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id Abdul Muntholib junaidiferylusianto@mail.unnes.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah lokal perjuangan rakyat Sukorejo, (2) implementasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah lokal perjuangan rakyat Sukorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus pada SMA N 1 Sukorejo. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dari sekolah tersebut. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penanaman nilai-nilai nasionalisme dilakukan secara praktis dalam pembelajaran sejarah lokal di dalam kelas dengan materi sejarah lokal perjuangan rakyat Sukorejo. (2) Penanaman nilai-nilai nasionalisme tidak terdapat di RPP dan silabus, namun evaluasi beberapa nilai nasionalisme secara tersirat terdapat di RPP. Dalam penerapannya siswa memahami adanya pengajaran nilai cinta tanah air dalam materi sejarah lokal perjuangan rakyat Sukorejo dan mengimplementasikan nilai-nilai nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> nilai; nasionalisme; pembelajaran sejarah</p> 2018-12-11T04:04:04+00:00 ##submission.copyrightStatement##