https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/issue/feed Indonesian Journal of History Education 2019-12-31T10:27:58+00:00 Syaiful Amin ijhe@mail.unnes.ac.id Open Journal Systems <p>The Indonesian Journal of History Education (ijhe) is a journal that publishes research or conceptual articles on historical education which includes studies of historical curriculum, learning processes, media and sources of historical learning, innovation in historical education and education. IJHE is a journal managed by the Journal Team of the History Department of the Faculty of Social Sciences, Semarang State University. The Indonesian Journal of History Education (IJHE) is published twice a year, namely in July and December (2 editions per year). IJHE has been indexed in Google Scholar, DOAJ, Garuda and Sinta. Based on the Decree (SK) of the Directorate General of Research and Development Strengthening, Number 21 / E / KPT / 2018 concerning Accreditation Journal Scientific Journal Period I Ranking in 2018, Indonesia Journal of History Education is included in Level 4 Journal (Sinta 4), and is valid for 4 year from 2016-2020.</p> <p>Indonesian Journal of History Education has an ISSN number in print and online. The number of print ISSN<strong> (p-ISSN)</strong> : <span style="font-size: small;"><a href="http://u.lipi.go.id/1333528360" target="_blank" rel="noopener"><span style="font-family: helvetica;">2252-6641</span></a></span> and the number of online ISSN <strong>(e-ISSN)</strong> : <span style="font-size: small;"><a href="http://u.lipi.go.id/1484477973" target="_blank" rel="noopener"><span style="font-family: helvetica;">2549-0354</span></a></span></p> <p>In 2019 journal edition, <strong>the Indonesian Journal of History Education</strong> together with <strong>Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah (P3SI) Pusat</strong> agreed to <a title="Kerjasama" href="https://drive.google.com/file/d/1TDZW4WLT0GSpfMrE5ceWcSPnEpG2mlx9/view?usp=sharing" target="_blank" rel="noopener"><strong>work together as partners</strong></a> for the publication of journals.</p> https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/36427 Konstruksi Sosial Guru Sejarah Terhadap Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Pada SMA di Kabupaten Semarang 2019-12-31T10:27:53+00:00 Shinta Fakhmi shintafakhmi123@gmail.com Hamdan Tri Atmaja sejarah@mail.unnes.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan konstruksi sosial guru sejarah terhadap Kurikulum 2013, mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 dan kendala pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah pada SMA di Kabupaten Semarang. Penelitian ini termasuk penelitain kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, dokumen, dan observasi. Teknik analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pada penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah, konstruksi sosial guru sejarah terhadap Kurikulum 2013 pada SMA di Kabupaten Semarang bervariasi, karena proses dialektika yang guru alami melalui pengalaman yang berbeda dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Guru dalam mengimpelentasikan Kurikulum 2013 pada pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik sekolah, sarana dan prasarana sekolah, serta karakteristik siswa, dalam penerapan Kurikulum 2013 menimbulkan kendala yang beragam. Kendala yang dihadapi guru yaitu mengenai keaktifan siswa, kurangnya literasi, penggunaan model dan metode pembelajaran, serta kurangnya pelatihan bagi guru untuk membantu pemahaman guru mengenai penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran. </p> 2019-12-31T08:52:04+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/36428 Evaluasi Isi/Materi Buku Teks Sejarah Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017 2019-12-31T10:27:53+00:00 Fauziah Nur fauziahnur0304@gmail.com Ofianto Ofianto fauziahnur0304@gmail.com Aisiah Aisiah fauziahnur0304@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan karena ditemukannya banyak kekurangan dalam penjabaran materi pelajaran Sejarah pada buku teks Sejarah Indonesia kelas X Kurikulum 2013 revisi 2017. Kekurangan tersebut dapat terlihat pada isi buku teks yang tidak sesuai dengan Kompetensi Dasar mata pelajaran Sejarah kurikulum 2013 yakni tidak ditemukannya penjelasan Kompetensi Dasar 3.1 dan Kompetensi Dasar 3.2. Jenis penelitian ini adalah deskriptif evaluatif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks Sejarah Indonesia kelas x kurikulum 2013 revisi 2017 serta kesesuaian materi yang ada pada buku teks dengan Kompetensi Dasar 2013. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari empat kegiatan, yaitu: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, 4) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks ditinjau dari kriteria penulisan buku teks sejarah menurut Sjamsuddin sudah baik. Namun, ditinjau dari kelengkapan materi yang disajikan berdasarkan Kompetensi Dasar 2013 masih terdapat kekurangan.</p> 2019-12-31T09:14:17+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/35295 Penerapan Metode Pembelajaran Playing Card Slot untuk Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 12 Semarang 2019-12-31T10:27:54+00:00 Syaiful Amin syaifulamin@mail.unnes.ac.id Sugiarto Sugiarto syaifulamin@mail.unnes.ac.id <p>Berbeda dengan pembelajaran ilmu eksak, pembelajaran ilmu sosial kurang dapat menarik perhatian siswa. Pembelajaran ilmu eksak tanpa menggunakan model dan metode yang kreatif banyak siswa yang tertarik dan berminat. Berbeda dengan pembelajaran ilmu sosial seperti sejarah. Di SMA Negeri 12 Semarang pembelajaran sejarah juga kurang menarik minat siswa. Siswa kurang antusias ketika pembelajaran sejarah berlangsung. Penyebabnya dapat berbagai hal, seperti model pembelajaran yang digunakan guru atau penyebab lain. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah menggunakan model <em>playing card slot </em>dalam pembelajaran sejarah. Penerapan model <em>playing card slot</em> ini diterapkan dalam pembelajaran sejarah di SMAN Negeri 12 Semarang. Dilakukan observasi selama proses pembelajaran dan wawancara dengan siswa setelah proses pembelajaran. Hasilnya siswa sangat antusias selama proses pembelajaran menggunakan model <em>playing card slot</em>. Sebelumnya mereka belum pernah menggunakan model seperti ini dan selalu diskusi kelompok ketika pembelajaran sejarah.</p> 2019-12-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/36430 Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI Terhadap Nilai-Nilai Keteladanan K.H Ahmad Dahlan di SMA Muhammadiyah 1 Semarang 2019-12-31T10:27:54+00:00 Ulfiah Afidatul Jannah ulfiaafidatul74@gmail.com Tsabit Azinar Ahmad sejarah@mail.unnes.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai keteladanan tokoh Ahmad Dahlan yang telah di terapkan dalam proses pembelajaran, untuk mengedepankan penanaman nilai-nilai keteladanan tokoh Ahmad Dahlan dalam proses pembelajaran dan untuk menganalisis kendala proses pembelajaran tentang ketokohan Ahmad Dahlan. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus. Informan adalah guru sejarah, guru kemuhammadiyahan, siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa K.H Ahmad Dahlan memiliki 5 nilai keteladanan yang tercantum dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yaitu nilai religius, mandiri, gotong royong, nasionalis, dan integritas. Penanaman nilai keteladanan K.H Ahmad Dahlan sudah dilakukan cukup baik pada pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Selain pembelajaran sejarah, mata pelajaran Kemuhammadiyahan juga berperan penting dalam proses penanaman nilai-nilai keteledanan K.H Ahmad Dahlan kedalam diri siswa. Kendala dalam penanaman nilai-nilai keteladananan K.H Ahmad Dahlan dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru membuat siswa kurang tertarik dengan pembelajaran sejarah dan kurangnya kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru, sehingga guru memiliki kesulitan terkait dengan perbedaan karakter siswa yang begitu banyak dan juga tidak mungkin guru dapat memahami karakter siswa satu persatu. </p> 2019-12-31T09:29:57+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/36432 Focus Group Discussion (FGD) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kompetensi Ketenagakerjaan Pe-serta Didik di SMP N 7 Purworejo 2019-12-31T10:27:55+00:00 Widiyati Widiyati widiku_widi@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik Kelas VIII-B SMP Negeri 7 Purworejo Setelah Mengikuti Proses Pembelajaran IPS dengan Model <em>Focus Group Discussion</em> (FGD) dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi pokok ketenagakerjaan setelah mengikuti proses pembelajaran IPS. Penelitian ini dikerjakan menggunakan model penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)&nbsp; ini dilaksanakan di&nbsp; SMP Negeri 7 Pur-worejo. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 7 Purworejo, yang berjumlah (30 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 18&nbsp; perempuan). Pemilihan kelas VIII-B sebagai subjek penelitian karena aktivitas, keaktifan peserta didik saat proses belajar mengajar sangatlah rendah bahkan bisa dibilang pasif, segaris dengan itu hasil belajar peserta didik juga sangat rendah dibandingkan dengan kelas lainnya sehingga perlu diadakan peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Hasil peneleitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dari 2 siklus yang dilakukan, baik dari segi aktivitas maupun hasil belajar.</p> 2019-12-31T10:00:12+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/36434 Pengaruh Pembelajaran Sejarah dan Persepsi Siswa Terhadap Ketokohan Jenderal Soedirman Pada Sikap Bela Negara di SMAN 1 Rembang Purbalingga 2019-12-31T10:27:55+00:00 Tri Wardani Rahim triwardani529@gmail.com Bain Bain sejarah@mail.unnes.ac.id <p>Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sejarah submateri Soedirman dan persepsi siswa terhadap ketokohan Jenderal Soedirman dengan sikap bela negara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian <em>ex-postfacto</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rembang dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI yang terdiri dari 8 (delapam) kelas yang diambil masing-masing 21 anak dari setiap kelas dengan total 168 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran sejarah submateri Soedirman (X1), dan persepsi siswa terhadap ketokohan Jenderal Soedirman (X2) serta variabel terikat yaitu sikap bela negara siswa (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah dan persepsi siswa berpengaruh dengan sikap bela negara siswa. Hal ini dibuktikan dengan Uji F yang diperoleh Fhitung45,641&gt;2,659 Ftabel, sehingga H3 berbunyi : “Ada pengaruh positif pembelajaran sejarah submateri Soedirman dan persepsi terhadap ketokohan Jenderal Soedirman dengan sikap bela negara siswa”, diterima. Secara simultan pembelajaran sejarah submateri Soedirman dan persepsi siswa terhadap ketokohan Jenderal Soedirman berpengaruh dengan sikap bela negara siswa sebesar 34,8%.</p> 2019-12-31T10:05:35+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/36435 Pemahaman Siswa tentang Nilai-Nilai Kesejarahan Organisasi Syarikat Islam di SMA Cokroaminoto 1 Banjarnegara 2019-12-31T10:27:56+00:00 Adi Riski Hidayat adiriski@students.unnes.ac.id Arif Purnomo sejarah@mail.unnes.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis pemahaman siswa tentang nilai-nilai kesejarahan, (2) menganalisis implementasi pemahaman siswa tentang nilai-nilai kesejarahan, dan (3) menganalisis kendala siswa dalam memahami nilai-nilai kesejarahan organisasi Syarikat Islam, di SMA Cokroaminoto 1 Banjarnegara. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan strategi studi kasus. Sumber data meliputi informan, peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan kajian dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil menunjukkan 1) pemahaman siswa tentang nilai-nilai kesejarahan Syarikat Islam belum optimal. Siswa belum tentu memahami nilai-nilai kesejarahan Syarikat Islam meskipun sekolah tersebut berlabel Syarikat Islam. Pemahaman siswa tidak bisa digeneralisasikan dalam kategori tertentu. 2) Implementasi pemahaman siswa tentang nilai-nilai kesejarahan organisasi Syarikat Islam masih kurang. Implementasi siswa muncul dari pemahaman, sedangkan pemahaman muncul dari pembiasaan. 3) Siswa juga menemui kendala yang cukup banyak dalam memahami nilai-nilai kesejarahan Syarikat Islam dari pembelajaran, fasilitas, dan guru sejarah.</p> 2019-12-31T10:10:37+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/36436 Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Videoscribe Materi Kerajaan Islam Di Jawa Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019 Di SMA Negeri 3 Salatiga 2019-12-31T10:27:57+00:00 Ainun Munawar ainun26@students.unnes.ac.id Andy Suryadi andypapasikembar@mail.unnes.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis kebutuhan media pembelajaran sejarah Indonesia, (2) mengetahui pengembangan media pembelajaran sejarah Indonesia berbasis videoscribe materi Kerajaan Demak, (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran sejarah Indonesia berbasis <em>Videoscribe</em> materi Kerajaan Islam di Jawa sub materi kerajaan Demak di lihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta penilaian Guru dan Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian <em>Research and Development</em> dengan model ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation</em>). Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Bahwa media pembelajaran yang digunakan oleh guru sejarah SMA Negeri 3 Salatiga hanya menggunakan <em>Powerpoint</em>, video bergambar diambil dari internet dan model pembelajaran yang monoton mengakibatkan mata pelajaran sejarah Indonesia menjadi membosankan dan kurang menarik, sehingga membutuhkan media pembelajaran yang lebih menarik, (2) Pengembangan media pembelajaran sejarah Indonesia materi Kerajaan Demak dibuat menggunakan <em>software Sparkol Videoscribe</em>, yang didasarkan pada naskah media dan narasi (3) Berdasarkan tingkat kelayakan hasil validasi ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran berturut-turut dengan hasil persentase 88.55%, 94.65%, dan 93.75%. serta hasil penilaian peserta didik sebesar 86.5%. Dengan demikian media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran materi Kerajaan Islam di Jawa sub materi Kerajaan Demak.</p> 2019-12-31T10:15:17+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/36437 Penggunaan Bahan Ajar Sejarah Peminatan dan Apresiasi Siswa SMA/MA Kabupaten Brebes 2019-12-31T10:27:57+00:00 Sindi Safitri sejarah@mail.unnes.ac.id Hamdan Tri Atmaja sejarah@mail.unnes.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahan ajar Sejarah Peminatan materi ‘Peradaban Awal Dunia’ oleh guru sejarah di tiga SMA/MA di Brebes, kemudian untuk mengetahui apresiasi siswa terhadap bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran sejarah, dan implementasi bahan ajar pada pembelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan buku ajar yang disediakan sekolah belum optimal, meskipun demikian guru menggunakan bahan ajar yang bervariatif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. &nbsp;Apresiasi siswa pada aspek menghargai dan menilai buku ajar menunjukan keseragaman, namun pada aspek menghayati/memaknai siswa dari dua sekolah yakni MAN 2 Brebes dan&nbsp; SMA N 1 Bantarkawung diketahui sebagian kecil tidak memiliki buku ajar penunjang yakni LKS dan ringkasan materi yang disusun oleh guru yang mengidikasikan bahwa siswa belum menghayati/ memaknai buku ajar sebagai unsur yang penting dalam pembelajaran sejarah. impelentasi bahan ajar oleh guru dilakukan dengan mengintegrasikan bahan ajar dalam metode pembelajaran yang menarik bervariasi, namun dua dari tiga sekolah mengalami kendala dalam teknis penggunaan media pembelajaran yakni ketersediaan LCD dan Proyektor yang kurang memadai.</p> 2019-12-31T10:21:06+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/36438 Pengaruh Penggunaan Media Linimasa Sejarah Card Game Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Bumiayu 2019-12-31T10:27:57+00:00 Nasichatul Aeni nasichatulaeni1@gmail.com Andy Suryadi andypapsikembar@mail.unnes.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui minat belajar sejarah siswa kelas sebelum menggunakan media Linimasa Sejarah <em>Card Game; </em>2) mengetahui minat belajar sejarah siswa setelah menggunakan media Linimasa Sejarah <em>Card Game; </em>3) mengetahui adanya pengaruh media Linimasa Sejarah <em>Card Game </em>terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Desain penelitian ini menggunakan <em>quasi eksperimental design </em>dengan pola <em>nonequivalent control grup design.</em> Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bumiayu tahun Ajaran 2018/209. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>purposive sampling. </em>Hasil indeks variabel minat belajar siswa berdasarkan rumus Ferdinan diperoleh hasil minat belajar siswa sebelum menggunakan minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Linimasa Sejarah <em>Card Game</em> sebesar 69,46% dan 77,96%. Hasil hipotesis dengan analisis uji regresi diperoleh nilai konstan (a) sebesar 29, 784. Diketahi nilai koefisien regresi sebesar 0,962. Persamaan regresinya adalah Y= 29, 784 + 0,962 X. Nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 (0,001&lt;0,05), artinya terdapat pengaruh penggunaan media Linimasa Sejarah <em>Card Game </em>terhadap minat belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bumiayu.</p> 2019-12-31T10:27:23+00:00 ##submission.copyrightStatement##