Sale & Purchase Agreement through Internet: The Legal Certainty for the E-Commerce Practices in Indonesia

Main Article Content

Firqotun Naziah

Abstract

E-commerce is a form of trade which has its own characteristics that are cross-border trade, not to meet the seller and buyer, use media internet. The birth of Law No. 11 of 2008 is about Information and Electronic Transactions (UU ITE) seems to be the solution to provide protection for consumers.  In the ITE Law has    set    the    terms validity of e-commerce transactions, establishing the rights and obligations, prohibited acts, responsibility, legal protection, remedies, and dispute resolution in e-commerce transactions. The purpose of this study is to analyze the legal certainty aspect on the buying and selling agreement on electronic commerce cases in Indonesia.


 

Article Details

How to Cite
Naziah, F. (2022). Sale & Purchase Agreement through Internet: The Legal Certainty for the E-Commerce Practices in Indonesia. Indonesia Media Law Review, 1(1), 81-98. https://doi.org/10.15294/imrev.v1i1.56680
Section
Articles

References

Al-Arif, M. Nur Riyanto. "Penjualan on-line berbasis media sosial dalam perspektif ekonomi Islam." Ijtihad: Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan 13, No. 1 (2013): 33-48.

Arcanggih, Junay Diaz, Kertahadi Kertahadi, and Riyadi Riyadi, “Implementasi E-Commerce Sebagai Media Promosi dan Penjualan Secara Elektronik (Studi Kasus pada Toko Jumbo Cell Bangil)”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 14, No. 1 (2014): 1-10.

Barkatullah, Abdul Halim, and Teguh Prasetyo. Bisnis E-Commerce Studi sistem keamanan dan hukum di Indonesia. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005).

Cendhani, Cindy, Dita Elvi Kusuma Putri, and Ezra Tambunan. "Legal Consequences of Presidential Decree Number 12 of 2020 on the Implementation of Private Contracts." Lex Scientia Law Review 4, No. 2 (2020): 55-76.

Firdayanti, Restika. "Persepsi risiko melakukan e-Commerce dengan kepercayaan konsumen dalam membeli produk fashion online." Journal of Social and Industrial Psychology 1, No. 1 (2012).

Fithri, Diana Laily, Andy Prasetyo Utomo, and Fajar Nugraha. "Pemanfaatan E-Commerce Populer Populer untuk Optimalisasi Pemasaran Produk pada Kube Bordir Kurnia Desa Demangan Kudus." Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer 8, No. 2 (2017): 819-824.

Fitria, Tira Nur. "Bisnis jual beli online (online shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 3, No. 01 (2017): 52-62.

Fuady, M. Pengantar Hukum Bisnis. (Bandung: Citra Aditya Bakti, 2002).

Haryanti, Sri. "Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus." Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi 3, No. 1 (2010).

Hasibuan, Z. A. Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. (Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia, 2007).

Hidayat, Taufik. Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce. (Jakarta: Mediakita, 2008).

Holish, Amarru Muftie. "Meng-eksistensikan Kembali Budaya Malu dalam Praktik Penipuan Jual Beli Online untuk Meningkatkan Perlindungan Konsumen di Era Revolusi Industri 4.0." Lex Scientia Law Review 3, No. 2 (2019): 155-162.

Maulana, Shabur Miftah. "Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online." Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 29, No. 1 (2015).

Mertokusumo, Sudikno. Penemuan Hukum Sebuah Pengantar. (Yogyakarta: Liberty, 2006).

Pradana, Mahir. "Klasifikasi bisnis e-commerce di Indonesia." Modus 27, No. 2 (2015): 163-174.

Purbo, Onno W., and Aang Arif Wahyudi. Mengenal e-Commerce. (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2001).

Purwaningsih, E. Hukum Bisnis, Bab 4 –Transaksi E-Commerce. (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2010).

Putra, Setia. "Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Jual-Beli Melalui E-Commerce." Jurnal Ilmu Hukum 5, No. 2 (2014): 197-208.

Rachmawati, Eka Nuraini. "Akad jual beli dalam perspektif fikih dan praktiknya di pasar modal Indonesia." Al-'Adalah 12, No. 2 (2015): 785-806.

Rahayu, Rita, and John Day. "Determinant factors of e-commerce adoption by SMEs in developing country: evidence from Indonesia." Procedia-social and behavioral sciences 195 (2015): 142-150.

Rahayu, Rita, and John Day. "E-commerce adoption by SMEs in developing countries: evidence from Indonesia." Eurasian Business Review 7, No. 1 (2017): 25-41.

Republic of Indonesia. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi, Transaksi dan Elektronik. (Jakarta: Sekretariat Negara, 2008).

Sanusi, M Arsyad. E-Commerce Hukum dan Solusinya. (Jakarta: Mizan Grafik Sarana, 2001).

Sautunnida, Lia. "Jual Beli Melalui Internet (E-Commerce) Kajian Menurut Buku III KUH Perdata dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik." Thesis. (Banda Aceh, Universitas Syiah Kuala, 2008).

Subekti, Subekti. Pokok-Pokok Hukum Perdata. (Jakarta: Intermasa, 2001).

Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Afabeta, 2011).

Sulaiman, Robintan. Cyber Crimes : Perspektif E-Commerce Crime. (Jakarta: PT. Deltacitra Grafindo, 2002.

Wahana, Agung, and Irvan Purliansyah. "Pembangunan E-Commerce (Penjualan Online) Pada Turpez Shop." Jurnal Computech & Bisnis 6, No. 1 (2012): 27-33.