Abstract

Sekolah sepakbola Benteng Muda Indonesia Football Academy Kota Tangerang merupakan wadah pembinaan sepakbola usia dini, saat ini banyak peminatnya, ini merupakan fenomena bagus mengingat peran sekolah sepakbola sebagai akar pembinaan prestasi sepakbola Nasional. Oleh karena itu harus diperhatikan. Cakupan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Manajemen Pengelolaan Pada Sekolah Sepakbola (SSB) Benteng Muda Indonesia Football Academy Kota Tangerang.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses manajemen pengelolaan sekolah sepakbola (SSB) Benteng Muda Indonesia Football Academy Kota Tangerang.


           


            Jenis penelitian ini survei menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sasaran penelitian ini adalah Manajemen Ketua Sekolah Sepakbola (SSB), Pelatih dan atlet. Analisis data menggunakan (reduksi data, penyajian data) untuk ditarik kesimpulan.


                                                                 


            Hasil penelitian di sekolah sepakbola (SSB) di Benteng Muda Indonesia Football Academy Kota Tangerang menunjukkan bahwa, (1) pengelolaan organisasi sudah berjalan cukup baik. (2)program latihan yang dijalankan belum cukup baik. (3)sarana dan prasarana merupakan faktor pendukung keberhasilan suatu pembinaan. Sarana dan prasarana sudah cukup baik. (4) pendanaan masih terbatas. Hal ini disebabkan karena pendanaan hanya berasal dari pendaftaran dan iuaran orang tua atlet. Untuk donator dan sponsor hanya akan datang saat mengikuti sebuah kejuaraan.


 


            Simpulan bahwa Manajemen organisasi sekolah sepakbola Benteng Muda Indonesia Football Academy sudah berjalan dengan baik dan seluruh fungsi manajemen bisa berjalan dengan lancar. Saran: pengurus untuk meningkatkan kualitas sekolah sepakbola (SSB) Benteng Muda Indonesia Football Academy. Pelatih untuk meningkat kualitas program latihan, untuk pendanaan pengurus harus mencari sponsor atau bantuan untuk sekolah Sepakbola (SSB) Benteng Muda Indonesia Football Academy agar setiap kegiatan lebih muda untuk mengatur pendanaannya.