Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji E-Sport dalam ranah olahraga dari tinjauan aspek sosial, budaya, ekonomi, fisiologis, dan filososfi olahraga. Menggunakan penelitian Kajian Literatur. menggunakan metode kepustakaan (library research).Teknik analisis data menggunakan model reduksi data sebanyak 37 artikel. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa dari 11 artikel artikel yang diteliti di dalam aspek sosial menyatakan setuju terhadap E-Sport sebanyak 10 sedangkan yang tidak setuju sebanyak 1 artikel. Kemudian dari 6 artikel artikel yang diteliti dari aspek budaya semuanya menyatakan setuju terhadap E-Sport. Lalu dari 6 artikel yang diteliti dari aspek ekonomi semuanya menyatakan setuju terhadap E-Sport. Dari 7 artikel yang diteliti dari aspek fisiologis menyatakan setuju sebanyak 3 artikel dan menyatakan tidak setuju sebanyak 4 artikel. Terakhir dari 7 artikel yang diteliti dari aspek filosofi menyatakan setuju sebanyak 5 artikel dan menyatakan tidak setuju sebanyak 2 artikel. Simpulan berdasarkan penelitian dan data yang terkumpul dari hasil maka dapat ditarik kesimpulan bahwa E-Sport adalah olahraga, memiliki hal positif di aspek sosial, budaya, ekonomi, dan filosofi olahraga, namun berdasarkan hasil E-sport memiliki kekurangan di bagian aspek fisiolgis yaitu masalah perubahan fungsi tubuh menjadi negatif dan kecanduan game apabila tidak dapat mengatur pola hidup yang sehat seimbang.