Abstract

Achmad, Ronang Fandy. 2020.Pola Pembinaan Akademi Sepakbola Akademi Satria Kencana Serasi di Kabupaten Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Drs. Cahyo Yuwono, M. PD


Kata Kunci : Pola, Pembinaan, Sepakbola


Program pembinaan atau pola pembinaannya di akademi sepakbola satria kencana serasi kurang ter-program, sehingga membuat prestasi di 3 tahun terakhir tidak stabil. Fokus masalah pola pembinaan akademi sepak bola satria kencana serasi di kabupaten semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembinaan akademi sepak bola satria kencana serasi di kabupaten semarang.


Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian pengelola, pelatih, atlet. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi untuk membandingkan hasil dari pengumpulan data. Analisis data menggunakan (reduksi data, penyajian data) untuk ditarik kesimpulan.


Hasil penelitian menunjukkan pembinaan akademi sepakbola satria kencana serasi kurang baik, pengorganisasian kurang baik karena kurangnya tanggung jawab pada pekerjaan, sarana dan prasarana masih kurang layak, pendanaan belum sesuai yang di inginkan, pemasukan yang kurang menjadi penghambat program latihan, gizi pemain kurang tercukupi, sarana dan prasarana kurang terawat baik. Program latihan terprogram baik.


Disimpulkan bahwa pola pembinaan akademi sepakbola satria kencana serasi kurang baik karena pembinaan tidak dimulai sejak dini, sarana dan prasarana belum layak untuk pertandingan, pendanaan yang kurang. Saran: harus melakukan pembinaan sejak dini, harus memperbaiki sarana dan prasarana supaya bisa di buat pertandingan, pengurus atau staf harus lebih aktif mencari sponsor.