Abstract





PeneIitian ini dilakukan karena belum diketahuinya Faktor Penyebab Rendahnya Aktivitas Siswi Dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMAN 01 Larangan Brebes. Tujuan Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab rendahnya aktivitas siswa perempuan dalam mengikuti pembelajaran Penjasorkes di SMA Negeri 01 Larangan Brebes Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan proporsi terbanyak adalah penelitian kuantitatif demikian sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 90 siswa perempuan. Instrumen penelitian dalam penelitian terdiri dari dua yaitu berupa kuesioner dan pedoman wawancara uji instrumen sendiri dibagi menjadi dua tahap yaitu uji validitas dan realibilitas dan mengolah data menggunakan analisis faktor Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor siswa menjadi bagian penting dan yang paling mempengaruhi penyebab rendahnya siswi terhadap penjasorkes.  Dengan jumlah Initial Eigenvalues sebesar 67,900 % yang terdiri dari variabel minat, aktivitas siswa, kompetensi pembelajaran, metode pembelajaran dan komponen pembelajaran dan prasarana. Faktor guru mempunyai jumlah nilai Initial Eigenvalues sebesar 8,457 % yang terdiri dari variabel Penilaian guru dan Sarana, dan faktor kejadian tak terduga  dengan jumlah nilai Initial Eigenvalues sebesar 6,454 % yang terdiri dari variabel menstruasi, Saran guru perlu memperhatikan lebih kepada siswi agar bisa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran penjasorkes di sekolah