Abstract

Fokus kajian penelitian ini meliputi pengelolaan manajemen, pelaksanaan program pembinaan, atlet, pelatih, sarana, prasarana, dan prestasi. Tujuan peneliti untuk mengatahui manajemen pembinaan pada klub tersebut.


Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data penelitian adalah pengurus, pelatih, dan atlet Klub Mitra Kencana Semarang. Subyek dalam penelitian adalah 1 pengurus, 3 pelatih, dan 8 atlet Klub Mitra Kencana Semarang.


Hasil penelitian ini adalah pengolahan manajemen dari berbagai aspek sudah sesuai dengan program kerja yang telah dibuat pada klub.


Simpulannya klub ini terstruktur dengan baik dan memiliki prestasi yang baik. Saran yang diberikan yaitu: 1) Pengurus dan pelatih perlu adanya penambahan anggota, 2) Lebih diperketat dalam kedisiplinan atlet agar lebih bertanggungjawab dalam mengikuti program latihan yang diberikan oleh pelatih, 3) Pendanaan senantiasa menjalin kerjasama dengan pihak-pihak luar, 4) Program latihan disesuaikan dengan kondisi eksternal atlet, 5) Melengkapi kekurangan sarana dan prasarana seperti gedung olahraga, 6) Perlu peningkatan prestasi agar sampai tingkat nasional.