Minat dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mata Pelajaran Matematika

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

sinta yuniarti
Ninik Setyowani
Sunawan Sunawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP N 3 Ungaran baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 172 dari populasi 342 siswa dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Adapun teknik analisis data dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara minat dengan prokrastinasi akademik pada mata pelajaran matematika memiliki hubungan signifikan (R=0,019; F(1,1667)=19,286; p=<0,05). Kemudian antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mata pelajaran matematika memiliki hubungan yang signifikan (R = 0,837, F(3,168) = 131,458, p = <0,05). Begitu pula antara minat dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mata pelajaran matematika  memiliki hubungan yang signifikan( R = 0,843, F(2,169) = 207,854, p = <0,05).  Berdasarkan hasil penelitian guru Bimbingan dan Konseling disarankan memberikan layanan BK untuk menurunkan prokrastinasi akademik melalui pengembangan minat dan efikasi diri.


Kata Kunci : efikasi diri; minat; prokrastinasi akademik


Abstract


This study aims to determine the relationship of interest and self efficacy with academic procrastination on the subject of mathematic students of class VIII SMP N 3 Ungaran either partially or altogether. This research uses correlational quantitative design. The sample used amounted to 172 of the population of 342 students with a simple random sampling technique. The data analysis techniques with multiple regression. The results showed that between interest and academic procrastination on mathematic subjects had significant relation (R = 0,019; F (1,1667) = 19,286; p = <0,05). Then, between self efficacy and academic procrastination on mathematic subjects have a significant relationship (R = 0,837, F (3,168) = 131,458, p = <0,05). Similarly, between interest and self efficacy with academic procrastination on mathematic subjects has a significant relationship (R = 0.843, F (2.169) = 207,854, p = <0.05). Based on the results of research Guidance and Counseling teachers are advised to provide Guidance and Counseling services to decrease academic procrastination on the subject of mathematic through the developmentof interest and self efficacy.


Keywords: self efficacy, interest, academic procrastination

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
yuniarti, sinta, Setyowani, N., & Sunawan, S. (2018). Minat dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mata Pelajaran Matematika. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(4), 31-38. https://doi.org/10.15294/ijgc.v7i4.19944

References

Alwisol. 2007. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Afriyeni, N & Winarno H.M. 2009. Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Jurnal: 191-199

Bandura, A. 1997. Efikasi diri: The Exercise of Control. New York: Freeman and Company

Fathani, Abdul Halim. 2009. Matematika, Hakikat & Logika. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Feist, J & Feist, G.J.2008.Theories of Personality.Yogyakarta:Pustaka pelajar

Ghufron, M.N & Rini Risnawati. 2016. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Hassanah, L.N & Russeno Arjanggi. 2011. Self Efficacy dan Motivasi Berprestasi Sebagai Prediktor Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Vol. I 29-41.

Khotimah dkk. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol.1, No.2, 2016, hal 61-67.

Kurniawan, Andri dan Corry Liana. 2017. Hubungan Minat Belajar dengan Prokrastinasi akademik pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ngimbang. Universitas Negeri Surabaya: E-Journal Pendidikan Sejarah Volume 5

Siagian, R.E.F. 2015. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Formatif. 2(2) Hal 122-131.

Solomon, L. J. & Rothblum, E. D. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates. Journal of CounselingPsychology, 31(4), 503-509.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini dan Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional.

Steel, P. (2007). The Nature of Procrastination: a Meta-Analytic and Theoretical of Quintessential Self-Regulatiory Failure. Psychological Bullerin, 133(1), 65-94. (Diunduh, 21 Maret 2017).

Surijah, E.a & Sia Tjundjing. 2007. Mahasiswa Versus Tugas:Prokrastinasi Akademik dan Concientiousness. Fakultas Psokologi Universitas Surabaya: Anima Indonesia Phsycological Journal Vol. 22, No. 4, 352-374.

Wicaksono, K.A. 2015. Hubungan Antara Self Efficacy dan Self regulation dengan Perencanaan Karir pada Mahasiswa Semester 8 Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.