Kontribusi Kompetensi Pribadi dan Profesional Konselor terhadap Minat Siswa Mengikuti Konseling Perorangan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Robai Robai
Suharso Suharso

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi kompetensi pribadi dan kompetensi profesional konselor terhadap minat siswa untuk mengikuti konseling perorangan. Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto. Subjek penelitian ini berjumlah 238 orang siswa melalui teknik pengambilan sampel simple random. Metode pengumpulan data menggunakan instrument skala kompetensi pribadi konselor, skala kompetensi profesional dan skala minat yang dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi kompetensi pribadi konselor dan kompetensi profesional konselor terhadap minat untuk mengikuti layanan konseling perorangan secara simultan sebesar 64,7% (F= 214.905; p<0.05). Kontribusi secara parsial untuk kompetensi pribadi konselor sebesar 61,1% (t= 19.241; p<0.05) dan kompetensi profesional konselor sebesar 38,7% (t= 12.210; p<0.05). Besaran kontribusi kompetensi pribadi konselor dan kompetensi profesional konselor secara simultan terbilang tinggi, sedangkan secara parsial dari masing-masing variabel memiliki kontribusi tinggi dan relatif sedang. Kompetensi pribadi konselor dan kompetensi profesional konselor bersama-sama memiliki kontribusi positif terhadap minat siswa untuk mengikuti konseling perorangan.


 


 The purpose of this research is to know the contribution of personal competence and professional competence of counselor to student's interest to follow individual counseling. This type of research is Ex Post Facto. The subjects of this study amounted to 238 students through a simple random sampling technique. Methods of data collection using the instrument of personal competence scale of counselor, the scale of professional competence and the scale of interest that is analyzed by multiple regression. The result of the research shows the contribution of personal competence of counselor and professional competence of counselor to the interest to follow individual counseling service simultaneously equal to 64,7% (F = 214.905; p <0.05). Partial contribution to personal counselor's competence is 61.1% (t = 19.241, p <0.05) and professional counselor competence of 38.7% (t = 12.210; p <0.05). The amount of personal competence contribution of counselor and professional competence of counselor is simultaneously high, while partially from each variable has high contribution and relatively medium. The personal competence of counselors and counselor professional competencies together contributes positively to student interest in individual counseling.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Robai, R., & Suharso, S. (2019). Kontribusi Kompetensi Pribadi dan Profesional Konselor terhadap Minat Siswa Mengikuti Konseling Perorangan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(1), 38-43. https://doi.org/10.15294/ijgc.v8i1.21410

References

Agustina, Tia Risdiana. 2015. Persepsi Siswa Tentang kompetensi Kepribadian Dengan Sikap Siswa Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and application. 04(03): 45-52.

Hariastuti, Retno Tri. dan Darminto, Eko. 2007. Keterampilan-Keterampilan Dasar Dalam Konseling. Bali: Unesa University Press.

Junaedi dan Warsito, Hadi. 2013. Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Kepribadian Dan Kinerja Konselor Dengan Minat Siswa Untuk Memanfaatkan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal BK UNESA. 01(01): 111-128.

Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta. Aswaja.

Lestari, Mugi. 2013. Kompetensi Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling UNNES. 02(04): 17-24.

Mulawarnan. 2011. Konseling Rehabilitasi Sosial. Semarang: UNNES PRESS.

Permendiknas No. 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

Rizkiana Nurutami, Adman. 2016. Kompetensi profesional Guru Sebagai Determinan Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 01(01): 126-134.

Sayuwaktini, Ni Wayan dan Yanzi, Hermi. 2014. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan. 03(01): 172-184.

Shaleh, Abdul Rahman dan Wahab, Muhib Abdul. 2004 “Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Perspektif Islam)”. Jakarta: Kencana.

Stiyowati, Sulis. 2013. Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Pribadi Konselor Dan Fasilitas BK Dengan Minat Siswa Untuk Memanfaatkan Layanan Konseling Di Sekolah. Jurnal BK UNESA. 03(01): 341-349.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>