Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nur Aini Silmiyati

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena diterapkannya kebijakan lima hari sekolah di SMA Negeri 1 Muntilan yang mengakibatkan siswa kelas XI IPA 6 memiliki kemampuan manajemen waktu yang paling rendah, berdasarkan hasil analisis angket yang disebarkan pada siswa kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan manajemen waktu yang ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental dengan desain one group pre test-post test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 yang berjumlah 36 siswa yang diambil dengan teknik pupossive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner kemampuan manajemen waktu dengan analisis data berupa deskriptif persentase dan uji t (t-test). Kemampuan manajemen waktu sebelum pemberian layanan diperoleh rata-rata 55,19% (sedang), dan setelah pemberian layanan naik menjadi 69,72% (tinggi) artinya setelah pemberian layanan terjadi peningkatan sebesar 14,53%. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 21.464 dengan ttabel = 2.024, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini yaitu kemampuan manajemen waktu pada siswa kelas XI IPA 6 SMA N 1 Muntilan dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten.


 


Kata Kunci: layanan penguasaan konten; manajemen waktu; siswa


 


ABSTRACT


This study was conducted based on the phenomenon implementation of a five-day school in SMA Negeri 1 Muntilan resulting class XI IPA 6 have time management skills are the lowest, based on the results of the analysis of a questionnaire distributed to the XI students. This study aims to determine time management skills are enhanced through the mastery of content services. This type of research is pre-experimental with one group pre test-post test design. Subjects in this study were students of class XI IPA 6 of the 36 students with pupossive sampling techniques. Methods of data collection using questionnaires time management skills with descriptive data analysis in the form of percentage and t test (t-test). Time management skills before delivery of service showed an average of 55,19% (medium) and after delivery of services increased to 69,72% (high), this means an increase of 14,53%. T-test results showed that the value tvalue = 34.233 with ttable = 2.024, it can be concluded that Ha is accepted. The conclusion of this research is the time management skills in class XI SMA N 1 Muntilan can be promoted through the mastery of content services.


 


Keywords: content mastery service; time management; student

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Silmiyati, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 62-68. https://doi.org/10.15294/ijgc.v7i3.26728

References

Aisyah, A’an. 2014. Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(03): 44.

Fitriana, Eka. 2015. Tahun Ajaran Baru, SMA/SMK di Jateng Terapkan Sekolah Lima Hari. Kompas. Jakarta. 21 Juli. Tersedia di http://regional.kompas.com/read/2015/07/21/13052881/Tahun.Ajaran.Baru.SMA.SMK.di.Jateng.Terapkan.Sekolah.Lima.Hari [diakses 06-01-2016].

Goliszek, Andrew. 2005. :60 Second Manajemen Stress. Diterjemahkan oleh Dominicus Rusdin. Jakarta: Bhuana Ilmu.

Junita, Eka Dya. 2014. Upaya Mengurangi Prokratinasi Akademik Melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1): 17-23.

Leman. 2007. The Best of Chinese Life Philosophies. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Nuha Litera.

Prayitno. 2004. Layanan Penguasaan Konten. Padang: UNP Press.

Reza, J J. 2010. Manage Your Time for Success Cerdas Mengelola Waktu untuk Mencapai Sukses. Yogyakarta: ANDI.

Santrock, John W. 2007. Remaja. (11th ed.). Volume II. Diterjemahkan oleh Benedictine Widyasinta. 2007. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyo. 2010. Teknik Bimbingan Klasikal. Semarang: Swadaya Publishing.