Bentuk dan Faktor Determinan Perilaku Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Danang Januar
Sugiyo Sugiyo
Suharso Suharso

Abstract

Belajar merupakan suatu proses perubahan perilaku seseorang berdasarkan praktik atau pengalaman tertentu. Perilaku belajar merupakan semua aktivitas dalam rangka memperoleh hal, pemahaman, dan tingkah laku baru individu. Perilaku belajar mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang berpengaruh secara determinan dalam perilaku belajar bisa ditinjau dari faktor fisiologis, psikologis, keluarga, sekolah, dan masyarakat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bentuk perilaku belajar mahasiswa Universitas Negeri Semarang dan faktor yang berpengaruh terhadap perilaku belajar. Jenis penelitian adalah penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UNNES angkatan 2010 dan 2011. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Insidental Sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Instrument tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase untuk bentuk perilaku belajar dan regresi ganda untuk faktor determinan. Hasil penelitian menunjukkan bentuk perilaku belajar positif yang paling muncul adalah mencatat pada saat kuliah yaitu sebanyak 84,44% sedangkan perilaku belajar negatif adalah mengcopy tugas teman sebanyak 62,74%. Faktor yang paling berpengaruh terhadap perilaku belajar adalah faktor psikologis sebesar 55,6%. Simpulan dari penelitian ini adalah faktor psikologis paling berpengaruh terhadap perilaku belajar mahasiswa.


 


Learning is a process of change in behavior human based on practice or particular experience. Learning behavior is activity in order to gain something, understanding, and new behavior. College student learning behavior is influenced by several factors. The determinant factors that influence the learning behavior can be observed from physiological, psychological, family, school, and community. The problems studied in this research is the form of learning behavior UNNES college students and the factors affecting the learning behavior. This type of research is survey research. The population is UNNES college students grade 2010 and 2011. The sampling using an incidental sampling technique. The methods of data collection using a questionnaire. The instrument has been tested for use in this research. The Data analysis using descriptive percentages to analyze form of learning behavior and multiple regression for determinant factor. The results showed that the most positive form learning behaviors is take some note at the time of the study as 84.44% while the most negative learned behaviors are copying friends task as 62.74%. The factors that most influence of learning behavior is a psychological factor as 55.6%. The conclusions of this study are the psychological factors most influence on student learning behavior.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Januar, D., Sugiyo, S., & Suharso, S. (2013). Bentuk dan Faktor Determinan Perilaku Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(4). https://doi.org/10.15294/ijgc.v2i4.3178

References

Hadi, Sutrisno. 2004. Statistika. Yogyakarta : Andi

Singarimbun, Masri & Sofian Effendi. Metode Penelitian Survai. Jakarta : LP3ES

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta

Sutoyo, Anwar. 2009. Pemahaman Individu. Semarang : CV. Widya Karya

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grasindo Perkasa

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : CV Alfabeta

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>