Meningkatkan Minat Studi Lanjut ke Smk Melalui Layanan Informasi Karier

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Cicih Purwanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat studi lanjut ke SMK pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Salem Kabupaten Brebes. Subjek penelitian tindakan bimbingan dan konseling adalah kelas VIII B berjumlah 35 orang siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologis dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif dan deskriptif persentase. Disimpulkan bahwa minat studi lanjut ke SMK setelah diberikan tindakan sebanyak dua siklus mengalami peningkatan dengan kategori tinggi. Dengan demikian minat studi lanjut ke SMK dapat ditingkatkan melalui layanan informasi karier.


This research aims to increase interest in the study up to SMK in the students of class VIII B SMP Negeri 2 Salem, Brebes. The subject of guidance and counseling action research is students of class VIII B totaling 35 people. Methods of data collection using psychological scales   and   observation. Analysis of the data used is descriptive qualitative analysis and descriptive   percentages.  From this research was concluded that further studies interest to SMK as given by two cycles of action has increased with the high category. It’s mean that further studies interests to SMK can be enhanced through career information service.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Purwanti, C. (2013). Meningkatkan Minat Studi Lanjut ke Smk Melalui Layanan Informasi Karier. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(2). https://doi.org/10.15294/ijgc.v2i2.3188

References

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Prayitno. 2004. Seri L.2 Layanan Informasi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukiman.2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra Publishing.