Meningkatkan Minat Terhadap Jurusan Teknik Gambar Bangunan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Faskhau Maulvi Alim
Supriyo Supriyo
Awalya Awalya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran minat terhadap jurusan Teknik Gambar Bangunan sebelum dan setelah memperoleh layanan Bimbingan Kelompok serta mengetahui perbedaan tingkat minat terhadap jurusan Teknik Gambar Bangunan sebelum dan setelah memperoleh layanan Bimbingan Kelompok. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Semarang dengan subyek 10 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala psikologis. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon match pairs. Hasil penelitian menunjukan minat terhadap jurusan Teknik Gambar Bangunan sebelum pemberian treatment rata-rata pada kategori sedang (67,9%). Setelah pemberian treatment, minat terhadap jurusan Teknik Gambar Bangunan rata-rata pada kategori tinggi (79,1%). Hasil uji wilcoxon match pairs menunjukan   (0) dan   5% (8), sehingga   (0   8) yang berarti   diterima dan   ditolak. Hal tersebut menunjukan bahwa minat terhadap jurusan Teknik Gambar Bangunan dapat ditingkatkan melalui layanan Bimbingan Kelompok.


The research problems are include (1)  How is the cooperative model type talking stick which is helped multimedia quiz creator to improve the senior high school students’ folklore attentive skill. (2) how is the principles of cooperative model type talking stick development which is helped by multimedia quiz creator to improve the  senior high school students’ folklore attentive skill. This research uses research and development design (R&D), this research developes model which  have been exist that is cooperative model type talking stick into cooperative model type talking stick which is helped by multimedia quiz creator. The results of the researches are : (1) the teacher and students’ need toward to cooperative model type talking stick which is helped by multimedia quiz creator. (2) cooperative model type talking stick priciples are (a) innovative learning strategy, (b) innovative learning media, (c) assessment.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Alim, F., Supriyo, S., & Awalya, A. (1). Meningkatkan Minat Terhadap Jurusan Teknik Gambar Bangunan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(2). https://doi.org/10.15294/ijgc.v3i2.3759

References

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Munandir. 1996. Program Bimbingan Karir Di Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Prayitno. 1997. Buku IV Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Padang: Panebar Aksara.

Schunk, D. H. dkk. 2012. Motivasi Dalam Pendidikan (Teori, Penelitian dan Aplikasi). Diterjemahkan oleh Tjo, Ellys. Jakarta: Indeks.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, M. E. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.

Yahya, M. 2009. Prospek Jurusan Mesin Dalam Pilihan Vokasi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Volume 9, No. 2, Halaman 114-122. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/download/213/222 [04/09/2013].

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>