Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Modelling

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Khuliyah Khuliyah
Anwar Sutoyo
Awalya Awalya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan belajar siswa setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan  teknik modelling. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelass VII H SMP Negeri 3 Ungaran yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kedisiplinan belajar dan pedoman observasi. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian menggunakan validitas dengan rumus product moment oleh Pearson dan reliabilitas instrumen dengan rumus alpha. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji t (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kedisiplinan belajar siswa melalui layanan penguasaan konten dengan teknik modelling, dengan nilai  >  yaitu 16,874 > 2,042. Simpulan dari penelitian ini adalah kedisiplinan belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik modelling. Oleh karena itu, diharapkan guru pembimbing dapat meningkatkan layanan penguasaan konten kepada siswa sebagai strategi untuk membantu siswa dalam meningkatkan kedisiplinan belajar.


The purpose of this study is to identify the improvement of learning discipline of student after given mastery of content service by modeling technique. Subjects of this study are students of class VII H in SMP Negeri 3 Ungaran which involved 31 students. Data collection techniques were using the learning discipline scale and observation. Validity of instrument has been tested using Pearson product moment and reliability of the instrument with alpha formula. Data analysis technique used percentage descriptive analysis and t-test (t–test). The results of this study indicate that there is an increase of student learning discipline through the mastery of content services with modeling technique, the value of  >  is 16.874 > 2.042. From this research it can be concluded that student learning discipline can be increased through mastery content services by modelling technique. Therefore, teacher as guidance can improve the use of mastery of content services to the students as a strategy to assist students in improving learning discipline.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Khuliyah, K., Sutoyo, A., & Awalya, A. (1). Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Modelling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(3). https://doi.org/10.15294/ijgc.v3i3.3784

References

Musbikin, Iman. 2005. Mendidik Anak Nakal.Yogyakarta: Mitra Pustaka

Parker,Deborah. 2005. Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Prayitno.2004. Layanan Bimbingan dan Konseling.Padang:Universitas Negeri Padang

Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories An Educational Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Semiawan, Conny R. 2009. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: Indeks

Sudarsono. 2002. Kamus Konseling. Jakarta:Rineka Cipta

Wantah, Maria J. 2005. Pengembangan Kedisiplinan Dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>