Kontribusi Konsep Diri terhadap Perencanaan Arah Karir Siswa Kontribusi Konsep Diri terhadap Perencanaan Arah Karir Siswa Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Solihatun Solihatun
Melina Lestari
Sisca Folastri
Devi Ratnasari

Abstract

Konsep diri seseorang menjadi hal penting dalam mencapai kesuksesan memasuki dunia kerja, karena dapat mengarahkan seseorang terhadap karir yang akan dijalaninya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi konsep diri terhadap perencanaan arah karir siswa SMPIT Thariq bin Ziyad Boarding School Cikarang Bekasi. Metode dalam penelitian ini metode kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII sebanyak 108 siswa SMPIT Thariq bin Ziyad Boarding School Cikarang Bekasi. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh karena menggunakan semua populasi sebagai sampel. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan skala psikologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontribusi antara variabel perencanaan arah karir dengan konsep diri sebesar 18%, sedangkan untuk kontribusi lain dipengaruhi oleh faktor lainnya Berdasarkan uji anova atau F test, dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,001 yang lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa konsep diri berpengaruh terhadap perencanaan arah karir siswa.


The self-concept of a person is important in achieving success in entering the world of work, because it can direct a person towards the career he is going to do. This study aimed to reveal the contribution of self-concept to the planning of the career direction of students of SMPIT Thariq bin Ziyad Boarding School Cikarang Bekasi. The method in this research is a quantitative method used correlation and regression techniques. The population of this study were all students of class XI and XII as many as 108 students of SMPIT Thariq bin Ziyad Boarding School Cikarang Bekasi. The sample technique used is saturated sampling because it used all populations as samples. Data collection was carried out using a psychological scale. The result of this study showed that there is a contribution between the career direction planning variable and self-concept by 18%, while for other contributions it is influenced by other factors. It is concluded that self-concept affects students' career direction planning.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Solihatun, S., Lestari, M., Folastri, S., & Ratnasari, D. (2020). Kontribusi Konsep Diri terhadap Perencanaan Arah Karir Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 52-56. https://doi.org/10.15294/ijgc.v9i1.38900

References

Afriwinanda, E. 2012. Hubungan antara konsep diri dengan perencanaan karir pada siswa siswi kelas XII SMK Negeri 4 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Almuin, N., Solihatun, S., & Haryono, S. 2017. Motivasi Pengembangan dan Pematangan Karir Kewirausahaan di Pondok Pesantren (Kajian di Pondok Pesantren Al-Rabbani Cikeas). Sosio E-Kons, 9(1), 36–45. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/sosio_ekons/article/view/1686

Hurlock, E. B. 2001. Developmental psychology. Tata McGraw-Hill Education.

Kumara, A. R., & Lutfiyani, V. 2017. Strategi Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Dalam Perencanaan Karir Siswa SMP. G-COUNS Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2). Retrieved from http://ojs.upy.ac.id/ojs/index.php/gjbk/article/view/899

Linamarliyah, F., & Dewi, R. 2004. Persepsi terhadap dukungan orangtua dan pembuatan keputusan karir remaja. Jounal Provitae, 200459. Retrieved from http://repository.untar.ac.id/1797/1/B12.pdf

Manrihu, M. T. 1992. Pengantar Bimbingan dan Konseling Karir. Jakarta: Bumi Aksara.

Mappiare, A. 2006. Kamus Istilah Konseling dan Terapi, Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Santrock, J. W. 2002. Life span development jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sersiana, L. 2013. Hubungan Antara Self-Efficacy Karir Dan Persepsi Terhadap Masa Depan Karir Dengan Kematangan Karir Siswa SMK PGRI Wonoasri Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal BK Unesa, 3(1).

Sharf, R. S. 1992. Applying career development theory to counseling. California: Woodswoth. Inc.

Situmorang, Z. R. D., & Latifah, M. 2014. Pengaruh dukungan sosial, konsep diri, dan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap prestasi akademik. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 7(3), 154–163. Retrieved from http://journal.ipb.ac.id/index.php/jikk/article/view/10008

Sugiyono, P. D. 2010. Metode Penelitian Bisnis (Cetakan ke-15). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukardi, H. M. 2003. Metodologi penelitian pendidikan: Kompetensi dan praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunaryo, S., & Kes, M. 2004. Psikologi untuk keperawatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Syamsu, Y. 2011. Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yusuf, A. M. 2002. Kiat Sukses dalam Karier. Padang: Ghalia Indonesia.