Pengaruh Kelekatan Teman Sebaya Terhadap Perencanaan Karier Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Heni Sulusyawati
Juwanto Juwanto

Abstract

Yang melatar belakangi penelitian ini yaitu masih ditemukan siswa yang belum serius mempersiapkan perencanaan karier. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  kelekatan teman sebaya yang dapat mempengaruhi perencanaan karier. Metode penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan pendekatan natural setting yaitu secara alamiah. Informan dalam penelitian ini siswa-siswi SMA Kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Kegiatan analisis data dilakukan bersamaan pada waktu pengumpulan data. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil temuan penelitian kelekatan teman sebaya dapat mempengaruhi perencanaan karier yaitu kualitas kelekatan teman sebaya meliputi kepercayaan, komunikasi, dan pengalaman.


The background of this research is that there are still students who have not seriously prepared career planning. This study aims to determine the attachment of peers that can affect career planning. Qualitative descriptive research method, using a natural setting approach that is naturally. Informants in this study were high school students Class XI SMA Negeri 9 Bengkulu City. Data analysis activities were carried out simultaneously at the time of data collection. Data analysis used the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing/verification. The research findings of peer attachment can affect career planning, namely the quality of peer attachment includes trust, communication, and experience.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sulusyawati, H., & Juwanto, J. (2022). Pengaruh Kelekatan Teman Sebaya Terhadap Perencanaan Karier Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(1), 9-16. https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i1.43317

References

Berk, L. E. (2009). Human development. New York: McGraw-Hill.

Heer, E. L., Cramer, S. H., & Niles, S. G. 2004. Career Guidance and Counseling Through the Life Span: Systematic approaches. Boston: Allyn and Bacon.

Hendayani, N., & Abdullah, S. M. (2018). Dukungan teman sebaya dan kematangan karier mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 28-40.

Mota, C. P., & Matos, P. M. (2013). Peer attachment, coping, and self-esteem in institutionalized adolescents: The mediating role of social skills. European journal of psychology of education, 28(1), 87-100.

Manuella, B. D. (2014). Hubungan kelekatan siswa orangtua dan kelekatan siswa teman sebaya dengan efikasi diri pengambilan keputusan karier pada siswa kelas 10= Relationship between parental attachment peer attachment and career decision making self efficacy from 10th grade students.

Muntamah, M., & Ariati, J. (2017). Hubungan antara Kelekatan terhadap Teman Sebaya dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Trucuk Klaten. Jurnal Empati, 5(4), 705-710.

Munawarah, M., Latipun, L., & Amalia, S. (2019). Kontribusi dukungan teman sebaya terhadap regulasi diri pada remaja. PSIKOVIDYA, 23(2), 150-163.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. M. S. 2013. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. (2015). Peran efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280-289.

Santrock, J. W. (2011). Masa perkembangan anak. Alih Bahasa: W. Benedictine. Jakarta: Salemba Humanika.

Sulusyawati, H., Hardianti, S., Jannah, N., & Solihin, M. PERENCANAAN KARIER SISWA DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) DI SMA NEGERI 5 KELAS XI KOTA BENGKULU.

Sulusyawati, H., & Juwanto, J. (2020). Malay Culture Effect on Career Planning Student SMA City 9 Bengkulu. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(2), 237-246

SULUSYAWATI, H., & MELATI, M. (2019). Pengaruh Budaya Rejang Terhadap Perencanaan Karier Siswa Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 27-35.

Sulusyawati, H., & Sari, W. K. (2019). Potret Perencanaan Karier Siswa Budaya Rejang di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(2), 114-118.

Sulusyawati, H., Yusuf, A. M., & Daharnis, D. (2017). Perencanaan karier siswa di SMA ditinjau dari status sosial ekonomi, jenis kelamin, dan jurusan. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(1), 8-14.

Sulusyawati, H., & Syamsuddin, S. (2021). Budaya suku Lembak mempengaruhi perencanaan karier siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(3), 460-470.

Sulusyawati, H. (2021). PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 5(1), 13-16.

Sugiyono. 2012. Motede Penelitian Kombinasi: Mixed methods. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Taji, D. S. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional dan gaya kelekatan terhadap pengambilan keputusan karir pada siswa dan siswi SMA negeri 36 jakarta (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Psikologi, 2015).

Tarakanita, I. (2001). Hubungan status identitas etnik dengan konsep diri mahasiswa. Jurnal Psikologi, 7(1), 1-14.

Prasetyo, A. A., & Kustanti, E. R. (2019). Hubungan antara Kelekatan Aman dengan Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier Pada Siswa Kelas XII SMA Kesatrian 2 Semarang (Doctoral dissertation, Undip)