Intervensi Konseling Terhadap Mahasiswa yang Mengalami Penurunan Motivasi dalam Menyelesaikan Tugas Akhir (Skripsi)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Renie Tri Herdiani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa/i yang mengalami penurunan motivasi dalam menyelesaikan tugas akhir (skripsi). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa menurunnya motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir (skripsi) disebabkan oleh beberapa faktor baik dari dalam diri sendiri maupun dari luar akan tetapi faktor dari diri sendiri lebih dominan. Oleh karena itu perlu dilakukan intervensi konseling dengan harapan dapat membantu mahasiswa/i dalam meningkatkan motivasi dalam menyelesaikan tugas akhir (skripsi).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Herdiani, R. (2022). Intervensi Konseling Terhadap Mahasiswa yang Mengalami Penurunan Motivasi dalam Menyelesaikan Tugas Akhir (Skripsi). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(Special Ed), 13-18. https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i2.60799

References

B. Uno, Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafi, Imam. 2017. Intervensi Psikologi Terhadap Peserta Didik Dengan Motivasi Belajar Rendah. Jurnal Genta Mulia Vol VIII No.1 Januari 2017. ISSN:2301-6671

Nursalim, M. 2015. Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Susanti,L. 2019.Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Menyajikan Pentingnya Motivasi dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Utami, A.D. 2017. Penerapan Solution Focused Brief Counseling untuk Menurunkan Compulsive Internet Use Peserta Didik di SMAN 1 Maros. Skripsi. Makassar; Universitas

Zohrah, Aminul.2015. Membangun kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widia.