Implementasi Konseling Lintas Budaya dalam Lingkungan Pesantren di MA An-Nawawi Berjan Purworejo

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eki Tri Wahyuni
Tatang Agus Pradana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penerapan konseling lintas budaya dalam lingkungan pesantren di salah satu sekolah menengah atas MA An-Nawawi Berjan Purworejo. Hal ini dikarenakan di sana terdapat keragaman latar belakang budaya antara peserta didik, guru, dan staf di sekolah sehingga guru BK atau konselor dituntut untuk bisa menerapkan konseling lintas budaya di sekolah.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif wawancara terpusat. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa penerapan konseling lintas budaya di MA An-Nawawi Berjan Purworejo berjalan dengan baik. Baik peserta didik pesantren maupun non pesantren mampu beradaptasi dengan keragaman budaya di sekolah. Tidak jarang konselor memberikan materi toleransi budaya. Hal itulah yang membuat para peserta didik memiliki toleransi yang tinggi terhadap keragaman budaya sehingga di sekolah tidak ada permasalahan serius yang disebabkan oleh keragaman budaya. Meski begitu, sangat diharuskan bagi konselor untuk memahami keberagaman budaya yang dimiliki oleh konseli agar proses konseling lintas budaya dapat berjalan dengan efektif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wahyuni, E., & Pradana, T. (2022). Implementasi Konseling Lintas Budaya dalam Lingkungan Pesantren di MA An-Nawawi Berjan Purworejo. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(Special Ed), 105-112. https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i2.60843

References

Amat, Salleh. (2018). Guidance and Counseling in Schools. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 13-18.

Baharudin, Y. H. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Daerah dalam Bimbingan Konseling Lintas Budaya dan Agama di SMP Negeri 1 Pejagoan Kebumen. Jurnal Tawadhu, 291-302.

Elizar. (2018). Urgensi Konseling Multikultural di Sekolah. Jurnal Elsa, 13-22.

Erford, B. T. (2015). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor (Edisi Kedua). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gerstein, L. H., et al. (2012). Essentials of Cross-Cultural Counseling. Los Angeles: SAGE.

Nuzliah. (2016). Counseling Multikultural. Jurnal Edukasi, 201-214.

Permana, E. J. (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara. Jurnal Psikopedagogia, 143-151.

Rahmawati, R. F. (2016). Konseling Budaya Pesantren (Studi Deskriptif terhadap Pelayanan Bimbingan Konseling bagi Santri Baru. Konseling Religi : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 61-84.

Rostini, Rena dkk. (2021). Konseling Lintas Budaya dan Agama dalam Penanggulangan Radikalisme di Lingkungan Sekolah. Jurnal Penelitian Keislaman, 155-169.

Subhi, M. R. (2017). Implementasi Konseling Lintas Budaya dan Agama di Sekolah. Jurnal Madaniyah, 75-96.