Minat Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwi Asih Kumala Handayani
Elfi Rimayati
Dyah Listyarini

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar minat mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Bagaimana keberhasilan pembelajaran daring. Adakah faktor lain yang mendukung minat belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan regresi, untuk mengetahui hubungan yang bersifat sebab akibat atau kausal antar variabel serta mendeskriskripsikan kualitas dari hubungan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi frekuensi pelaksanaan pembelajaran daring diperoleh angka 4,1% katagori Sangat Tinggi, 57,14% katagori Tinggi, 40% katagori sedang. Sedangkan hasil distribusi frekuensi minat belajar mahasiswa menunjukkan 40,17% kategori Tinggi, 53,63% katagori sedang, 6,2% katagori rendah. Hasil tersebut dapat dijelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring berada dalam katagori Tinggi dengan perolehan prosentase diatas 50%, sedangkan minat belajar mahasiswa berada dalam katagori Tinggi namun perolehan prosentase dibawah 50%, serta masih terdapat 6,2% dalam katagori rendah. Hasil analisis data regresi linier sederhana diperoleh koefisien determinan sebesar 0,605 atau 60,5%, yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa sebesar 60%. Kondisi ini menjelaskan ada kemungkinan pengaruh dari variable lain terhadap minat belajar mahasiswa sebesar 40%. Simpulan penelitian, bahwa pembelajaran daring mampu mempengaruhi minat belajar mahasiswa, namun perlu didukung variabel lain untuk mempengaruhi minat belajar mahasiswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Handayani, D., Rimayati, E., & Listyarini, D. (2022). Minat Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(Special Ed), 137-147. https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i2.61346

References

1, Bintary Cici Rahman, Bintary Cici Rahm, and Madyunus Salayan 2. 2020. “Google Form.” As-Salam I Vol. IX No(Vol. 9 No. 2 (2020): PANDEMI COVID 19).

Angela A. 2018. “Analisis Deskriptif.” New England Journal of Medicine 372(2).

Anon. 2020. “ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 7(2).

Arsi, Andi. 2021. “Langkah-Langkah Uji Validitas Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan SPSS.” Validitas Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss.

Azizi Alimul Hidayat. 2021. Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabiltas.

Deepublish. 2021. “Teknik Pengambilan Sampel Dalam Penelitian.” Penerbitbukudeepublish.

Firdaus. 2021. “Metodologi Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS STATISTICS VERSION 26.0.” DOTPLUS Publisher.

Iqbal, Muhammad, Janner Simarmata, F. Feriyansyah, Anna Riana Suryanti Tambunan, Onggal Sihite, Apiek Gandamana, Gita Noveri Eza, Fauzi Kurniawan, A. Asiah, Fahrur Rozi, F. Faisal, Imelda Free Unita Manurung, Mohamad Ihwani, Putri Lynna

Adelinna Nathan, Nathanael Sitanggang, Naeklan Simbolon, Eva Betty Simanjuntak, and Tonni Limbong. 2018. “Using Google Form for Student Worksheet as Learning Media.” International Journal of Engineering and Technology(UAE) 7(3.4 Special Issue 4).

Jayul, Achmad, Edi Irwanto, Prodi Pendidikan, Jasmani Kesehatan, and Dan Rekreasi. 2020. “Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6(2).

Kahfi, Ashabul. 2021. “Dampak Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Perkembangan Kognitif Anak.” Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam 4(1).

Kemendikbud, Humas Ditjen Pendidikan Tinggi. 2020. “Praktik Baik Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi Masa Pandemi Covid-19.” Siaran Pers Nomor : 030/Sipers/IV/2020.

Kurniawan, Aris. 2019. “Pengertian Wawancara, Teknik, Metode, Jenis, Tujuan & Contoh.” 2019-06-01.

Kurniawan, Drajat Edy and Makin. 2021. “Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 9(2).

Liu, Elisabeth and Retno Mawarini Sukmariningsih. 2021. “MEMBANGUN MODEL BASIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL BAGI UMKM DALAM MASA PANDEMI COVID-19.” Jurnal Ius Constituendum 6(1).

Mardesci, Hermiza and Afrina Mardesci. 2020. “Pengaruh Perkuliahan Dengan Metode Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Minat Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Program Studi Teknologi Pangan Universitas Islam Indragiri).” Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual 4(3).

Maulida. 2020. “TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM METODOLOGI PENELITIAN.” Darussalam 21.

Mitasari, Zuni, Yuswa Istikomayanti, and Rudy Setiawan. 2021. “PEMBELAJARAN DARING DI PERGURUAN TINGGI: PERSEPSI DAN FAKTOR PENENTU.” BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi) 12(1).

Mulyono. 2019. “Analisis Regresi Sederhana.” Binus University.

Mustakim, Mustakim. 2020. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA.” Al Asma : Journal of Islamic Education 2(1).

N, Zulkifli, Nurmayanti Nurmayanti, and Handy Ferdiansyah. 2021. “Efektifitas Media Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5(1).

Noervadila, Irma, Dyan Yuliana, and Yesi Puspitasari. 2021. “METODE BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA MELALUI MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19.” Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 9(1).

Rahma and Nanda Safarati. 2021. “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemic Covid-19.” Genta Mulia 12(1).

Sadikin, Ali and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” BIODIK 6(2).

Sivakumar, Ramanaj Dr. 2019. “Google Forms in Education.” Journal of Contemporary Educational Research and Innovations 09(1).

Sulistyorini, Utami Tri. 2017. “Metode Penelitian Analisis Kausal-Regresi.” Politeknik Negeri Semarang.

Surahman, Evi, Rustan Santaria, and Edi Indra Setiawan. 2020. TANTANGAN PEMBELAJARAN DARING DI INDONESIA. Vol. 2020.

Syafnidawati. 2020. “Apa Itu Populasi Dan Sampel Penelitian.” Online (2005).

Syarifudin, Albitar Septian. 2020. “IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEBAGAI DAMPAK DITERAPKANNYA SOCIAL DISTANCING.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 5(1).

Tuti, Fuadi Marjan, Musriandi Riki, and Suryani Linda. 2020. “Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi.” Dedikasi Pendidikan 4(2).

Ukkas, Mohamad Irwan. 2017. “Implementasi Skala Likert Pada Metode Perbandingan Eksponensial Untuk Menentukan Pilihan Asuransi.” Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (November).

Widiyani, Dita Tri, Firtri Amilia, and Agus Milu Susetyo. 2016. “Indikator Pembelajaran Efektif Dalam Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sman 2 Bandowoso.” Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Yanti, Nurul Fitri and Sumianto Sumianto. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Yang Menghambat Minat Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SDN 008 Salo.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1).

Z.R, Hirdha Nurfarini. and Wildan Saugi. 2020. “Pengaruh Kuliah Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) Di IAIN Samarinda.” El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies 2(2).