Abstract

Profil Pelajar Pancasila merupakan karakter dan keterampilan yang akan dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri individu peserta didik. Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses pemantapan karakter serta kesempatan untuk belajar dari lingkungan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi Profil Pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia pada kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler peserta didik kelas serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan simpulan. Uji keabsahan data yaitu uji kredibilitas triangulasi sumber. Hasil penelitian: (1) Profil Pelajar Pancasila dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia pada kegiatan intrakurikuler diimplementasikan melalui pembiasaan, keteladanan, pembinaan disiplin peserta didik, pembelajaran partisipatif, dan program kegiatan sekolah. (2) Profil Pelajar Pancasila dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia pada kegiatan ekstrakurikuler khususnya Pramuka diimplementasikan melalui pembiasaan, pembinaan disiplin peserta didik, dan program kegiatan Pramuka. (3) Faktor pendukung: 1) pemberlakuan kurikulum merdeka; 2) diklat guru mengenai penguatan profil pelajar Pancasila; 3) bantuan dana sebagai sekolah penggerak; 4) guru kreatif serta inovatif; 5) suasana belajar nyaman, berkarakter, dan menyenangkan; dan 6) pembiasaan. Faktor penghambat: sarana dan prasarana terbatas, faktor lingkungan dan pergaulan peserta didik, serta kurangnya motivasi belajar peserta didik. Simpulan penelitian yaitu lima elemen pada dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia terlihat pada kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler serta terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila.