Abstract

Guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya dalam memberikan pengajaran. Supervisi akademik kepala sekolah merupakan salah satu aspek yang menunjang meningkatnya kinerja mengajar guru. Masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pelaksanaan supervisi akademik terhadap kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran di SDN Dabin I Kecamatan Pengadegan, Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto, melalui survei dengan menggunakan angket. Pengolahan data menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SDN Dabin I Kecamatan Pengadegan Purbalingga sebanyak 99 guru, sedangkan sampel penelitian sebanyak 79 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara kedua variabel penelitian memiliki hubungan positif dengan nilai 75,977, hubungan positif tersebut dapat diartikan bahwa semakin meningkat kualitas pelaksanaan supervisi akademik, maka semakin meningkat pula kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran. Hubungan pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru dalam pembelajaran ditunjukkan dengan persentase sebesar 23,2%. Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian adalah hendaknya pada pelaksanaan supervisi akademik, kepala sekolah harus lebih memperhatikan aspek pelaksanaan supervisi, sedangkan dalam hal kinerja mengajar guru, guru harus lebih meningkatkan kinerjanya terutama dalam aspek evaluasi pembelajaran dan tindak lanjut hasil penilaian siswa.

 

Teacher is a critical success through performance in providing teaching. Academic supervision is one of the principal aspects that support the improving teachers’ teaching performance. The problem of this reseach is how influence the implementation of academic supervision towards teacher performance in learning activities in SDN Dabin I Kecamatan Pengadegan Purbalingga. This study is an ex post facto reseacrh, through a survey using questionnaire. Data processing used simple regression analysis. The population was all of  teachers in SDN Dabin I Kecamatan Pengadegan Purbalingga amount to 99 teachers, while the study samples were 79 teachers. The results showed that between two variables of the study have positive correlation with the value 75.977, positive correlation can be interpreted that the more increasing quality of academic supervision, the more increasing the teachers performance in learning activities. The correlation of the effect of academic supervision towards teacher performance in learning indicated with a percentage of 23.2%. Recommendations based on the results of the research implementation of academic supervision, principal must pay more attention to the aspects of supervision implementation, meanwhile in teacher teaching performance, teachers should further improve their performance, especially in aspect of learning evaluation and follow-up the results of student assessment.